by

Ini Alasan Walikota Lantik Anak Buah di Command Center

AMBON,MRNews.com,- Pelantikan sejumlah pejabat eselon II, III dan IV pada jilid keempat, Senin (31/5) berbeda karena lokasinya.

Kali ini Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Syarif Hadler memilih Command Center atau pusat komando yang berada di lantai IV Balaikota.

Walikota pun beberkan alasan ruang Tahuri Command Center dijadikan tempat pelantikan. Dalam kerjasama dengan Polda Maluku, Command Center dalam waktu dekat akan diresmikan. Manakala seluruh aktifitas kota dapat terpantau dari situ.

“Sengaja saya pilih lokasi ini agar Kadishub dan Sekdis yang dilantik bisa melihat jelas bagaimana tingkat kemacetan dan tidak tertibnya sistem perparkiran yang ada. Juga masih ada mobil yang parkir dua baris. Tidak sesuai rambu-rambu lalu lintas,” bebernya disela-sela pelantikan.

Selain itu pula kata dia, agar kepala Kesbangpol Ambon juga bisa melihat dimana titik-titik rawan yang sering menimbulkan konflik antar pemuda maupun kawasan baik di Kudamati, Galunggung dan sebagainya.

Kemudian, Kepala Dinas PUPR dapat melihat jelas drainase-drainase, jalan yang bermasalah dan perlu mendapat perhatian segera. Dimana dampaknya pada masyarakat.

“Sehingga kedepan lagi, tidak perlu saudara tanya ketika ada dapat WA dari saya soal benar tidaknya informasi itu. Karena semua terdeteksi lewat command center,” ingatnya.

Tak hanya itu, masalah sampah juga jadi perhatian. Karenanya, Plt Kadis Lingkungan Hidup dan Persampahan (LHP) sudah dipertegas harus segera ambil langkah untuk atasi masalah persampahan yang berjubel dijam-jam tertentu, termasuk akibat luapan dari drainase saat hujan.

“Demikian juga dengan daerah-daerah kumuh seperti di kawasan Talake dan sebagainya yang nanti ditangani pa Rustam Simanjuntak selaku Kadis dibantu Sekdis. Ini berbagai alasan sehingga sengaja saya dorong agar pelantikan di command center,” beber Louhenapessy.

Diketahui, beberapa pejabat yang dilantik diantaranya Pieter Saimima yang sejak 2017 masuk “kotak pembinaan”, dipercayakan sebagai Staf Ahli Walikota Ambon bidang pemerintahan dan pelayanan publik.

Robby Sapulette dilantik jadi kepala dinas Perhubungan (Kadishub) defenitif, Melianus Latuihamallo; kepala dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) dan Jan Suitela selaku kepala Badan Kesbangpol serta Rustam Simanjuntak; Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP).

Selain pejabat eselon II, sejumlah pejabat eselon III dan IV juga ikut diambil sumpah, beberapa diantaranya Doddy Rettop digeser dari Kabid pada dinas PMTSP ke Sekretaris Dishub, Ivonne Latuputty; Pj Sekdis PUPR, Hermas Tetelepta; Sekdis PRKP, Muis Latuconsina; Sekdis Kesbangpol.

Kemudian, Jhony Sanders; Sekdis Pendidikan, Ricky Sopacua; Sekdis Sosial, Griselin Nanlohy; Sekdis Kominfo-Sandi, Dominggus Wattilette; Sekdis BKPSDM, Hendri Toisuta; Kasubag Perundang-undangan pada Bagian Hukum Kota Ambon.

“Bagi saudara yang dipercayakan lagi setelah cukup lama dibina, saya mohon kesempatan ini dipakai dengan menunjukkan dedikasi, loyalitas untuk masyarakat kota Ambon bukan untuk saya dan pa Wawali. Sebentar lagi saya dan pa Wakil pergi, tapi rakyat kota Ambon akan terus ada untuk dilayani kita. Pakai pengalaman yang ada untuk bekerja bagi rakyat dikota ini,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed