by

HDI 2020, Momentum Pertegas Komitmen Penyediaan Akses TIK bagi Difabel

-Daerah-185 views

JAKARTA,MRNews.com,- Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2020 menjadi momentum untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas bagi para penyandang disabilitas.

Presiden Joko Widodo menilai momentum peringatan juga menjadi dasar kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas yang lebih mengedepankan paradigma human rights based.

“Tugas pemerintah selanjutnya memastikan semua kebijakan dapat terlaksana dengan baik, dieksekusi dengan tepat dan dirasakan manfaatnya oleh penyandang disabilitas,” ujar Presiden pada puncak HDI melalui video konferen dari Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/12/20).

Sementara, dalam peringatan HDI 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan kembali komitmen untuk penyediaan akses teknologi informasi dan komunikasi, khususnya bagi penyandang difabel.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate memberi apresiasi kepada Kementerian Sosial (Kemensos) atas peringatan HDI 2020 dengan tema membangun kembali kehidupan yang lebih baik, lebih inklusif, lebih aksesibel dan berkelanjutan disaat dan pasca Pandemi Covid-19.

“Tema itu sejalan dengan peta jalan transformasi digital yang sedang difinalisasi KemenKominfo, yang salah satu inisiatifnya meningkatkan aksesibilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk penyandang difabel,” ujarnya dalam pengumuman pemenang kompetisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) nasional untuk disabilitas secara daring dari Jakarta.

Menurutnya, ketersediaan akses tersebut bertujuan memperbaiki kualitas hidup penyandang difabel, termasuk akses untuk layanan kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja serta membuka peluang partisipasi di bidang ekonomi, budaya, dan sosial dimasyarakat.

“KemenKominfo terus mendukung lahirnya lebih banyak forum-forum publik dan kanal melibatkan kalangan difabel secara aktif. Mari kita perkuat solidaritas dan mengajak kalangan difabel turut mengambil bagian integral dalam membangun bangsa,” ungkapnya.

Peringatan HDI 2020, baginya, menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk menjangkau setiap lapisan masyarakat diseluruh pelosok tanah air tanpa terkecuali.

“Sebagaimana yang disampaikan bapak Presiden; no one should be left behind, enggak ada yang ditinggal di belakang,” tandas politisi NasDem.

Dalam kesempatan tersebut, MenKominfo juga menyampaikan selamat kepada para pemenang tiap lomba dan kompetisi yang diselenggarakan BAKTI KemenKominfo sebagai rangkaian peringatan HDI 2020.

“Bagi yang belum menang jangan berkecil hati, karena pengalaman yang diperoleh dalam proses kompetisi ini menjadi langkah awal bagi saudara-saudari para penyandang difabel menuju kesempatan lebih baik diwaktu yang akan datang,” pungkasnya.

Kompetisi TIK nasional untuk disabilitas secara daring merupakan langkah afirmatif KemenKominfo untuk mengajak kalangan difabel turut andil mewujudkan Transformasi Digital Indonesia.

Pelatihan dan kompetisi tingkat provinsi digelar dari 9 s.d 26 November 2020. Sedangkan tingkat nasional 27 s.d 2 Desember 2020 dan ditutup 3 Desember bersamaan peringatan HDI.

Digitalisasi Layanan Disabilitas

Selain Menkominfo, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara menjelaskan, Kemensos telah menyelenggarakan rangkaian acara peringatan HDI 2020 sejak 18 November 2020 yaitu Creative Disabilities Gallery, Disabilities Show dan Disabilites Award.

“Tujuannya untuk mendorong peningkatan upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas. Termasuk meningkatkan layanan disabilitas ke arah digitalisasi. Peringatan HDI secara virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru bagi peserta dan undangan,” jelasnya.

Mensos menjelaskan, kehadiran website creativedisabilitiesgallery.com menjadi media bagi para penyandang disabilitas untuk dapat memasarkan produk atau karya, serta mengakses marketplace dengan lebih mudah, lebih luas dan lebih cepat.

“Dalam periode 18 November-2 Desember 2020, pengunjung website saat ini sudah berjumlah 8.500 pengunjung dengan total halaman yang telah dibuka sebanyak 627 ribu halaman. Untuk total klik pada halaman website sebanyak 1.500.000,” ungkapnya.

Momentum HDI 2020 tambah Mensos, menginisiasi semangat kolaboratif berbagai sektor dalam mendorong produktifitas penyandang disabilitas agar dapat membangun kembali kualitas kehidupan yang lebih baik, inklusif, aksesibel dan berkelanjutan pasca pandemi Covid-19.

“Harapan kami semaraknya peringatan HDI 2020 dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, dan menjadi momentum terus membangun Indonesia yang lebih inklusif dan lebih maju,” pungkasnya. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed