by

Alkatiri-Kelian Unggul di SBT Sesuai Survei JSN

-Politik-1,529 views

AMBON,MRNews,com.- Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Maluku 9 Desember mendatang, Jaringan Survey Nusantara (JSN) merilis hasil survei di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan menempatkan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian ditempat teratas dengan meraih dukungan masyarakat 36,8 persen.

Sedangkan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur di posisi ke dua dengan meraih dukungan 34,8 persen dan posisi ketiga ditempati pasangan calon bupati dan wakil bupati, Rohani Vanath-Muhamad Ramly Mahu dengan meraih dukungan sebanyak 20,9 persen, sementara 7,5 persen pemilih yang belum memutuskan pilihannya.

Direktur Riset JSN Riyanda Barmawi merinci jika hasil survei dilakukan dari tanggal 15-25 November 2020 di SBT dengan menggunakan metode stratified random sampling dan cluster random sampling ( multistage random sampling) dengan 600 responden.

“Artinya margin of error survei adalah 4,1% dengan tingkat kepercayaan 95%. Sample 600 terbagi secara proporsional ke semua kecamatan di tingkat Kabupaten di Seram Bagian Timur sedangkan responden terpilih secara langsung menggunakan responden” urainya di Ambon, Kamis (3/12).

Sebagai petahana Abdul Mukti Keliobas, meraih elaktabilitas dibawah 40% sehingga memungkinkan Keliobas harus mengakui keunggulan Alkatiri.

Ditegaskan jika Paslon Rohani Vanath-Ramli Mahu menduduki posisi ke tiga dengan dukungan berjarak 10% dengan Abdul Mukti Keliobas dan Fachri Husni Alkatiri.

Dijelaskan Barmawi jika, pemilih di Kabupaten SBT sesuai hasil survei memiliki tingkat kepuasan rendah di bawah 50 % terhadap petahana. Hal yang sama juga dengan tingkat keinginan masyarakat yang menginginkan sang petahana kembali sebagai bupati dengan angka di bawah 50 %.

“Dengan hasil survei yang kami rilis maka dipastikan pasangan calon bupati dan wakil bupati Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian akan menang pada pesta rakyat 9 Desember mendatang dan menjadi bupati-wakil bupati Seram Bagian Timur periode mendatang” demikian Barmawi. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed