by

Wawali: Rateknis Penting Evaluasi Program Kependudukan dan Kampung KB

AMBON, MRNews.com,- Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler mengungkapkan, rapat teknis penting guna mengevaluasi dan merumuskan permasalahan serta hambatan dalam pelaksanaan pencapaian sasaran program kependudukan dan KB Kota Ambon.

Selain itu, menetapkan segmentasi sasaran sebagai fokus penggarapan program kependudukan dan KB, khususnya di Kampung KB serta menyusun strategi dan langkah-langkah akselerasi pencapaian program kependudukan dan KB di Kota Ambon, khususnya Kampung KB.

“Program KB yang luas secara nasional, diantaranya di bidang sosial, bidang kesehatan, tenaga kerja, sandang pangan sertta keamanan apabila di atas dengaan segera akan terpengharu pada distabiltas nasional dan akan memberikan dampak yang kuat pembangunan nasional,’’ujar Hadler saat membuka rapat teknis Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Ambon tahun 2018 di Marina Hotel, Kamis (22/3).

Sebagai lembaga pemerintah, kata Wawali Dinas PPKB Kota Ambon, berupaya mewujudkan 11 agenda pembangunan atau Nawacita, BKKBN turut fokus dimensi pembangunan kesehatan dan SDM yang memiliki karakter baik sesuai  kondisi mental dan intergasi PPKB. Karenanya, semua pemangku kepentingan mulai dari tingkat kota, negeri, kelurahan serta pimpinan kerja dan lapisan masyarakat bersinergi dan berkolaborasi agar komitmen dan kebijakan, untuk menjangkau kampung KB terbentuk dalam lingkungan kota Ambon.

“Semua ini untuk mendorong timbulnya partisipasi untuk bersama dengan pemerintah dalam membangun dengan kegiatan-kegiatan berbasis kearifan lokal, dan mendorong kualitas hidup serta ketahan serta kesjateraan keluarga,” jelasnya.

Menurut Wawali, sesuai UU  nomor 22 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera, mengamanatkan keluarga adalah pembangunan  mencakup semua dimensi dan aspek kehidupan termasuk perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan kedudukan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

“Posisi program KB lebih mengarah pada masyrakat yng demokratis, pada dasarnya pola pembangunannya menjadi sangat berbeda, untuk itu antara pemerintah, masyarakat termasuk program kependudukan dan KB mitra kerja dengan seluruh unsur merupakan kunci keberhasilan bersama guna mempercepat tercapainya visi, Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius,” bebernya.

Karena itu, dirinya meminta seluruh SKPD terutama yang berhubungan langsung dengan pembangunan, untuk memberikan dukungan implementasi program PPKB, sehingga kedepan dapat memberikan hasil yang maksimal dalam membangun manusia Ambon yang lebih berkualitas. Sebagaiman tema Rateknis ini yaitu Penguatan integritas program lintas sektor di kampung KB, guna mempercepat terwujudnya kulaitas Sumber Daya Manusia( SDM).

Selain membuka Rateknis, Wakil Walikota Ambon juga mengukuhkan 15 Anggota Pengurus Koalisi Muda Kependudukan Kota Ambon.

Rateknis tersebut dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Maluku, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Ambon, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ketua Forum antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU), Ketua Koalisi Kependudukan Kota Ambon, Ketua Asosiasi Kelompok Usaha (AKU), Para Pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon, serta Para Camat dan Lurah/Desa. (MR-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed