by

SoG Kota Ambon Masuk Tiga Besar Kategori Cultural Atraction API 2021

AMBON,MRNews.com,- Sound of Green (SoG) dari kota Ambon berhasil masuk penilaian tiga besar kategori Cultural Atraction dalam event Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021.

Direktur Ambon Music Office (AM0), Rhony Loppies bersyukur SoG mendapat perhatian dan dukungan lewat vote SMS sehingga bisa ada di tiga besar. Namun demikian mendapat juara bukanlah tujuan utama.

“Kita bersyukur masuk tiga besar. Artinya program ini menjadi perhatian dan sebagai inovasi tentunya bisa dipelajari dan direplikasi kota lain. Kita tidak hanya kejar vote sms, tapi apresiasi ada sebuah program di kota musik yang dimulai dari botom-up atau planningnya dari masyarakat,” tandas Loppies.

SoG lanjut Loppies, merupakan terobosan baru AMO dalam menjaga eksosistem bermusik di Ambon.

“Ini sebuah terobosan dalam menjawab kebutuhan bagaimana tetap melaksanakan apa yang diinginkan dari pembangunan kota yang kreatif, tetapi juga dari sisi UNESCO bahwa kita tetap menjaga ekosistem musik dengan program baru,” ungkapnya.

Bentuk inovasi dari SoG, jelas Loppies, adalah bagaimana menyelaraskan musik dengan lingkungan, dimana itu berarti musik memiliki multiplier effect pada sektor lain yang ada di Ambon.

“Untuk penilaian nominasi API 2021, proses pengambilan video dilakukan di dusun Tuni, Negeri Urimessing, Kecamatan Nusaniwe yang jadi objek prioritas pariwisata musik,” jelasnya via keterangan tertulis, Sabtu (13/11).

Dikatakan, Dusun Tuni memiliki apa yang dibutuhkan dalam konteks pengembangan pariwisata musik, karena di wilayah tersebut ada tanaman bambu yang menjadi bahan baku musik bambu, alat musik tradisional Maluku.

“Di Tuni atas dukungan Pemerintah Kota Ambon dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, kita lakukan konservasi tanaman bambu sebagai bahan baku musik bambu. Kalau bambu hilang, selain berpengaruh pada musik, juga dapat berpengaruh pada terjadinya bencana, serta meningkatnya emisi karbon,” bebernya.

Selain itu ada komunitas musik bambu yang dipimpin Rence Alfons yang rutin menggelar pertunjukan disana, ada juga sekolah alam untuk mengenalkan anak–anak terhadap tanaman endemik.

“Kalau untuk musiknya sendiri ada kaitan dengan komunitas musik bambu yang sampai saat ini terus bertahan, ada juga terkait kuliner. Inilah yang kita katakan musik menjadi trigger atau pemicu sub sektor ekonomi kreatif lainnya,” terangnya.

Untuk diketahui, acara puncak, pengumuman pemenang dan penyerahan penganugerahan API 2021, akan berlangsung 30 November 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed