by

Selama Ramadhan, Satgas Covid-19 Ambon Pantau Pusat Keramaian

AMBON,MRNews.com,- Selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah/2021 M yang rencananya akan dimulai besok, Selasa (13/4), satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19 Kota Ambon akan memantau sejumlah titik yang menjadi pusat keramaian di Kota Ambon terutama ketika waktu berbuka puasa.

Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz katakan, pantauan itu dilakukan melalui operasi yustisi yang setiap waktu berjalan sampai saat ini guna memastikan protokol kesehatan (Prokes) tidak diabaikan dan mencegah terjadinya kluster baru dibulan suci Ramadhan agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19.

“Lokasi keramaian selama Ramadhan biasanya itu ada di Al-Fatah-Ay Patty dan Batumerah. Jadi jam buka puasa, kita akan pantau, tempat keramaian, kita akan terus pantau,” ujar Joy kepada awak media di media center Pemkot Ambon, Senin (12/4).

Terkait teknis penerapan sanksi bagi warga yang terjaring dalam operasi yustisi kata Joy pihaknya akan mempertimbangkannya, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab kondisi berpuasa ditengah Pandemi Covid-19, tentu juga ada problem tersendiri.

“Itu semua masih kita pertimbangkan soal sanksi operasi yustisi. Sementara ini tetap akan operasi dan berikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap terapkan Prokes dalam bulan puasa ini. Kuncinya disitu,” jelasnya.

Joy berharap, untuk membasmi virus Corona yang masih mewabah di Kota Ambon, mesti ada kerjasama antara masyarakat dan pemerintah. Karena pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Dengan begitu, Ambon bisa cepat masuk zona kuning, bahkan zona hijau.

Saat ini kota Ambon kata Joy masih ada dizona orange dengan skoring zonasi terakhir ada di 2,22. Untuk itu harus menjaga jangan sampai ada peningkatan kasus. Sebab kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon terus turun dalam dua pekan ini hanya tersisa 157 kasus per 11 April 2021.

“Intinya dalam Ramadhan tahun ini, warga wajib terapkan Prokes ketika beraktivitas diluar Rumah. Semua ini, untuk kebaikan bersama. Prokes terutama penggunaan masker sudah jadi budaya. Harapan kita tidak ada kluster baru selama Ramadhan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed