by

Proyek Drainase SMI Gagal Total, Dana PEN Sia-sia

AMBON,MRNews.com,- Ketua GMKI Cabang Ambon Josias Tiven mengungkapkan kekesalannya terhadap proyek “SMI” penataan Drainase di Kota Ambon oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku yang dinilai gagal total.

Penataan Drainase yang seharusnya mengurangi genangan air (banjir) diberbagai ruas jalan Kota Ambon malah memperparah situasi dan kondisi Kota saat hujan.

“Kalau dilihat situasi Kota Ambon sebelum dan sesudah penataan drainase, lebih parah situasi sesudah dibanding sebelum. Setelah Drainase diperbaiki setiap kali hujan tetap ruas jalan Kota Ambon digenangi air (banjir),” akuinya kepada Mimbar Rakyat di Ambon, Rabu (24/11).

Hal ini kata dia, sangat disayangkan. Karena proyek yang menggunakan dana pinjaman 700 Miliar dari PT. SMI oleh Pemprov Maluku dengan tujuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) habis percuma tanpa ada asas manfaatnya bagi masyarakat.

Padahal menurut mahasiswa hukum UKIM itu, sejak awal pihaknya sudah ingatkan pemerintah untuk sedapat mungkin menggunakan Dana PEN dari PT SMI dengan sebaik mungkin agar bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Hal ini bersamaan dengan kritikan terhadap perbaikan trotoar yang licin dan menelan banyak korban. Akan tetapi jawaban dari pemerintah “ngawur”, bahwa itu bukan proyek trotoar, tapi penataan drainase untuk mencegah banjir.

“Saat ini hasilnya terlihat penataan drainase bukan menata dan mencegah banjir tapi memperparah dan mengakibatkan banjir,” ungkap Tiven kesal.

Bahkan hingga saat ini sambungnya, belum ada kejelasan pasti dari Pemprov Maluku terkait penggunaan anggaran PEN dari PT.SMI, apakah dana ini sudah dilaporkan penggunaannya atau pemerintah sengaja mendiamkannya.

“Tidak ada transparansi dari pemerintah.
Hanya saja sejauh pengamatan kami, sejumlah proyek dari dana 700 miliar seperti proyek air bersih di Saparua, infrastruktur jalan dan drainase di Kota Ambon banyak yang gagal total,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed