by

Pemerintah Tak Serius Usul A.M Sangaji Pahlawan Nasional

AMBON,MRNews.com.- Keluarga dari Abdoel Moethalib Sangadji yang disebut A.M Sangadji menilai pemerintah daerah Maluku tidak serius untuk mengusulkan almarhum sebagai pahlawan perintis kemerdekaan Indonesia.

“Mestinya kita keluarga tidak perlu berjuang agar A. M Sangadji, dapat gelar pahlawan. Yang mesti berjuang adalah pemerintah daerah agar ada gelar pahlawan,” kata perwakilan keluarga A.M Sangadji, Kamil Mony saat rapat antara pihak keluarga dengan Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, yang juga dihadiri Plh Sekda Maluku dan Kadis Sosial Maluku, Senin (9/8).

Diakui secara historis perjuangan tokoh asal Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah itu, saat seminar yang digelar, sudah mengakui A.M Sangadji, sangat memenuhi syarat sebagai pahlawan nasional.

“Jadi perjuangan A.M Sangadji, sebagai pahlawan nasional sudah memenuhi syarat. Hanya menunggu keseriusan pemerintah daerah,” harapnya.

Dia mengaku, perjuangan A.M Sangadji, sebagai pahlawan nasional, sudah berlangsung selama 20 tahun lalu. Namun hingga sekarang belum ada progres.

“Teknisnya ada di Dinas Sosial Maluku. Tapi, selama ini kerja apa saja. Kita berharap, pemerintah serius agar A.M Sangadji, mendapat gelar pahlawan,” akuinya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Maluku Asis Sangkala mengatakan, pihaknya sudah berproses agar A.M Sangadji bisa mendapat gelar sebagai pahlawan nasional.

“Kita proses dan upaya melengkapi persyaratan. Tim kita juga bekerja untuk saling melengkapi. Di kabupaten dan Kota, juga tidak menyulitkan,” kata Sangkala.

Kata Sangkala hingga sekarang belum ada tanda jasa yang diberikan kepada keluarga.

“Jadi sekarang kita selesaikan baru usul ke kementerian Sosial. Kalau sudah usul kita berjuang lewat jalur politik dan semua jalur dioptimalkan,” paparnya.

Kadis Sosial Maluku Sartono Pining, menegaskan, pihaknya dorong A.M Sangaji, pahlawan nasional. Namun, ingat dia, usulan harus sesuai aturan main.

“Saya jelaskan sesuai konteks aturan. Saya kira tanpa dijelaskan keluarga A.M Sangaji, tahu,” ujar Pining.

Kendati begitu, dia mengingatkan, usulan A.M Sangadji, diusulkan jadi pahlawan nasional, belum diusulkan secara tertulis kepada pihaknya.

“Sejak kapan permohonan ini tertulis diajukan kepada pemerintah. Jadi mari sekarang kita berproses sesuai aturan main,” ingatnya. (MR-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed