by

Pangdam Perintahkan Operasi PPKM Mikro dan Pengetatan di Maluku-Malut

AMBON,MRNews.com,- Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin memerintahkan agar operasi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang berjalan di Maluku agar dilakukan secara ketat, khususnya di Kota Ambon dan Kepulauan Aru.

Penegasan itu disampaikan Pangdam saat mengumpulkan para pejabat utama Kodam, Danrem 151/Bny, Dandim 1504/Ambon dan Dandim 1503/Tual di Makodam XVI/Pattimura, Jumat (9/7/21).

Selain dua wilayah Kodim tersebut, Pangdam juga memerintahkan Dandim 1501/Ternate dan Dandim 1508/Tobelo di Maluku Utara (Malut) untuk koordinasi dengan pemerintah daerah setempat memberlakukan kondisi PPKM pengetatan di Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Utara yang dinilai penyebaran Covidnya naik cukup signifikan.

“Semuanya dalam rangka antisipasi lebih awal. Anggota di lapangan, para Dandim, Danramil dan Babinsa khususnya di empat Kodim tersebut agar membantu pelaksanaan PPKM pengetatan diwilayahnya,” tegas Pangdam.

Sedangkan 17 Kabupaten/Kota lainnya di wilayah Maluku dan Maluku Utara juga sebutnya, tetap melaksanakan PPKM skala mikro.

Pada kesempatan itu, Asops Kasdam XVI/Ptm, Kolonel Inf Arief Hidayat memaparkan konsep operasi PPKM pengetatan di empat wilayah Kodim tersebut. Dengan harapan kemudian setiap anggota di lapangan mengetahui tugasnya dengan jelas.

“Harus jelas siapa dan berbuat apa, bagi anggota di lapangan”, sambung Jenderal Bintang Dua itu.

Pangdam mendorong kabupaten dan kota lainnya di wilayah Maluku dan Malut juga dapat mengeluarkan instruksi seperti Instruksi Walikota Ambon No. 3 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM di kota Ambon.

Sehingga ada kesamaan dalam bertindakan bagi petugas di lapangan, sekaligus ketaatan masyarakat dalam mematuhi ketentuan PPKM diwilayah.

“Besar harapan saya, TNI, Polri, Pemda, dan tokoh agama/masyarakat bersinergi di lapangan. Dengan begitu mudah-mudahan seluruh wilayah Maluku dan Malut dapat kembali masuki zona hijau”, harapnya.

Pangdam lantas ingatkan masyarakat bahwa pihaknya pada 16-17 Juli 2021 nanti akan kembali menggelar serbuan vaksinasi massal, bekerjasama dengan Bank Artha Graha.

“Bagi masyarakat yang belum vaksin agar bisa datang di Makodam XVI/PTM pada 16 Juli dan di Lapangan Merdeka sehari kemudian untuk vaksin” ajak Pangdam. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed