by

Opsi Plh Sekkot Ambon Ditempuh Jika Rekomendasi Telat

AMBON,MRNews.com,- Permintaan DPRD Kota Ambon untuk Walikota segera siapkan opsi pengangkatan pelaksana harian (Plh) Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon jika Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telat keluarkan rekomendasi nama calon Sekkot, ditanggapi Walikota Richard Louhenapessy.

Menurut Louhenapessy, Sekkot Ambon saat ini A.G Latuheru secara formal sudah pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak 8 November 2021.

Hanya secara administratif menurut aturan, yang bersangkutan akan bertugas sampai hari terakhir di bulan pensiun atau 30 November.

“Kalau nanti sampai dengan 30 November belum ada rekomendasi untuk Sekkot baru, itu berarti diangkat Plh saja. Sambil menunggu rekomendasi itu,” tandasnya di Balaikota Ambon, Rabu (10/11).

Menurut Louhenapessy, rekomendasi KASN untuk apakah tiga nama atau berapa dari enam nama calon Sekkot yang dikirim sudah diproses KASN.

Enam nama calon Sekkot Ambon yang dikirim Walikota ke KASN ialah Agus Ririmase, Enrico Matitaputty, Fahmi Salatalohy, Joy Adriaansz, Jacob Silanno dan Samuel Huwae.

“Sudah diproses dan KASN sementara pelajari dia (hasil asesmen enam nama-red). Mungkin dalam waktu ini. Sebab ada beberapa hal yang sementara KASN perlu konfirmasi,” akui politisi kawakan Golkar.

Dirinya memastikan, dalam pemerintahan secara otomatis opsi menyiapkan Plh Sekretaris Daerah, sebagai antisipasi dan tentu harus ditempuh selaku kepala daerah.

“Otomatis. Pemerintahan kan begitu. Jadi tidak usah repot-repot,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD kota Ambon Rustam Latupono meminta Walikota agar segera siapkan Plh Sekkot pengganti A.G Latuheru yang sudah berakhir masa kerjanya sebagai ASN dan akan turun dari kursi Sekkot 30 November, jika rekomendasi KASN terlambat keluar tentang tiga atau satu nama. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed