by

Matangkan PTM di 12 Sekolah, Disdik Kunjungan Lapangan, Ini Hasilnya

AMBON,MRNews.com,- Guna mematangkan rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas tingkat SMP se-derajat pada 12 sekolah percontohan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon melakukan kunjungan lapangan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Ambon, Ferdinand Tasso membenarkan pihaknya saat ini tengah lakukan kunjungan lapangan, untuk memastikan kondisi riil sekolah yang dilaporkan telah siap gelar PTM terbatas.

“Sebanyak 12 sekolah yang dilaporkan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik), telah siap melaksanakan PTM, sehingga dinas turun langsung melakukan pengecekan, apakah kondisi riil sama dengan laporan atau tidak,” ungkapnya.

Dari hasil tersebut, kata dia, ada sekolah yang sudah siap, namun ada yang belum siap, baik dari sarana- prasarana, fasilitas ruang belajar, SOP pelaksanaan PTM, hingga jumlah murid dan guru yang sudah divaksin COVID-19.

“Ada sekolah yang sudah menyiapkan tempat cuci tangan dengan air mengalir, namun meja dan kursi di kelas tidak mencukupi untuk siswa,” kata mantan Karo Ortala Pemkot Ambon itu kepada media di Ambon, Rabu (8/12).

Dalam persiapan PTM sambung Tasso, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dan sosiasalisasi dengan seluruh kepala sekolah yang ada di kota Ambon.

Rapat tersebut, lanjutnya, telah disampaikan regulasi pelaksanaan PTM tingkat nasional, tingkat Kota, maupun rekomendasi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

“Dari Satgas COVID-19 Kota Ambon, juga telah memberi arahan dan akan membantu pembentukan Satgas COVID-19 tingkat sekolah, sebagai salah satu persyaratan pelaksanaan PTM,” terangnya.

Ditambahkan, perlu mempersiapkan sistem pembelajaran jarak jauh bagi siswa juga penting dilakukan sekolah. Sebab siswa yang belum divaksin juga harus mengikuti pembelajaran jarak jauh.

“Bisa saja karena umurnya belum genap 12 tahun, atau karena rekomendasi dokter belum dapat divaksin. Maka penting selain
mempersiapkan PTM, sekolah juga perlu siapkan sistem pembelajaran jarak jauh bagi siswa, yang orang tuanya tidak setuju anaknya mengikuti PTM,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed