by

Kunker di Ambon, Wamenag Tegaskan Dukung Transformasi IAKN ke UKN

AMBON,MRNews.com,- Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainud Tauhid Sa’Adi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Ambon, salah satunya dengan menyambangi kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon yang berlokasi di jalan Dolog Halong Atas, Jumat (18/6).

Kedatangan orang nomor dua dua dilingkup Kemenag di kampus harmoni dalam keberagaman itu untuk memberikan pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam rangka penguatan kultur moderasi beragama di IAKN Ambon.

“Agama harus menjadi panduan, penuntun bagi warga bangsa sehingga mampu menangkal hal-hal yang dapat merusak keutuhan bangsa,” tandas Wamenag diawal momen itu.

Kementerian Agama kata dia, trus mendorong dan menggalakan moderasi beragama, karena moderasi beragama bisa menyatukan perbedaan sosial, kultur, budaya dan agama.

“Itulah mengapa moderasi beragama sangat penting. Karena memastikan kita bisa menetralisir berbagai perbedaan dan keyakinan, bukan berarti agama itu tidak diperlukan. Sebab hakekat setiap agama mengajarkan kasih sayang, toleransi, keadilan, kerjasama yang baik,” tegas Wamenag.

Pada kesempatan itu, Wamenag juga nyatakan mendukung penuh IAKN Ambon dalam upaya melakukan transformasi dari Institut ke Universitas Kristen Negeri (UKN) Ambon, termasuk juga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang siap beralih ke Universitas.

“Kampus harus siapkan kelengkapan administrasi baik persyaratan akademis maupun non akademis. Rektor IAKN dan IAIN sudah sampaikan sementara berposes, semoga cukup semuanya. Tinggal nanti proses tahapan pada lintas Kementerian. Semoga tahun ini rencana itu bisa lancar dan terwujud pada waktunya,” tandas politisi PPP itu.

Sementara itu, Rektor IAKN Ambon Dr A.Ch Kakiay, MSi menegaskan, IAKN walaupun berciri khas Kristen tetapi memiliki dosen dan tenaga kependidikan yang beragama Islam dan Katolik. Artinya, implementasi moderasi beragama sudah diterapkan IAKN sejak lama.

“Kami sudah beragam dari segi agama maupun etnik, sejalan dengan penguatan moderasi beragama yang merupakan program prioritas Kemenag. IAKN Ambon dan PT keagamaan lainnya juga merasakan penguatan moderasi bergama di kampus ini,” jelasnya.

Selain itu tambahnya, IAKN juga sudah miliki rumah moderasi yang telah diresmikan Dirjen Bimas Kristen. Memiliki tim pengelola moderasi beragama serta ada beberapa mata kuliah pada kurikulum di IAKN yang mengarah kepada kemampuan keberagaman dan pemahaman sosial masyarakat majemuk dan moderasi beragama.

“Jiwa moderasi bergama mendapatkan tempat di IAKN Ambon. Ini bukti dan komitmen IAKN terus bertransformasi diri baik dari aspek akademis maupun non akademis. Salah satunya keinginan menjadi UKN dan prosesnya sedang dijalani. Semoga niat ini didukung penuh,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kunjungan kerja ke IAKN Ambon, Wameg didampingi Kakanwil Kemenag Maluku Djamaluddin Bugis dan Rektor IAIN Ambon Zainal Rahawarin. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed