by

Kota Ambon Perpanjang PPKM Mikro Hingga 25 Juli, Setelahnya Dilonggarkan

AMBON,MRNews.com,- Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro diperketat oleh pemerintah kota (Pemkot) Ambon sedari 8 Juli-22 Juli 2021, diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Setelahnya atau 26 Juli, tidak lagi diperketat tapi dengan level III dilonggarkan.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy katakan, besok merupakan hari terakhir PPKM mikro di Kota Ambon. Namun tidak lagi akan memakai istilah darurat dan diperketat tapi level I-IV.

Dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat dan aspirasi yang berkembang serta dari sejumlah fakta yang ada diantaranya zonasi orange kota Ambon, maka pemerintah kota (Pemkot) Ambon akan tetap melaksanakan PPKM mikro sampai 25 Juli.

“Sesuai Instruksi Walikota Ambon nomor 3 tahun 2021, PPKM mikro sampai 22 Juli. Tapi kita perpanjang sampai 25 Juli. Dimana
26 Juli dari fakta yang ada, kita jalankan PPKM mikro dengan skala dilonggarkan,” tandas Louhenapessy, Rabu (21/7).

Ditambahkan, PPKM mikro diperketat di Kota Ambon yang berjalan sedari 8 Juli dan akan berakhir 22 Juli besok sangat positif. Bahwa selama waktu itu, masyarakat terutama pelaku usaha taat aturan PPKM, meski tidak menafikan ada sebagian kecil yang abai.

“Kurang lebih 98 persen orang taat jalankan PPKM. Itu berdampak besar terhadap pelaksanaan dan kondisi yang dihadapi di kota Ambon. Maka kita alami penurunan terkonfirmasi positif dan zonasi dari merah ke orange walau skoring belum signifikan,” akuinya.

Diwaktu 26 Juli dan seterusnya dengan status PPKM mikro dilonggarkan terhadap
semua aktifitas masyarakat baik toko-toko, swalayan, mall dan sebagainya. Bahkan, akan dipertimbangkan bioskop itu bisa diijinkan buka dengan kapasitas terbatas.

“Semua itu dilonggarkan sampai jam 9 malam. Tapi betul-betul harus laksanakan protokol kesehatan ketat. Itu baru berjalan di tanggal 26 Juli. Sedangkan 22-25 Juli, masih dengan pola dan persyaratan PPKM mikro yang lama,” ungkap politisi Golkar itu.

Diharapkannya, dalam kurun waktu ini, kasus Covid-19 bisa terus dikendalikan. Karena fakta menunjukkan dua pekan ini kota Ambon mengalami penurunan yang cukup signifikan dan dampaknya juga positif dalam perkembangannya.

“Nanti detailnya tanggal 25 Juli saya akan umumkan tentang pelaksanaan PPKM mikro level III di tanggal 26 Juli. Soal waktunya, kapan buka dan tutup, sektor mana saja yang dilonggarkan,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed