by

8 Persen Dana Desa Dialokasi Untuk Penanganan Covid-19

AMBON,MRNews.com,- Dana Desa (DD) yang dikucurkan dari Anggaran Pendapaan dan Belanja Negara (APBN), delapan (8) persennya dialokasikan untuk penanggulangan Covid-19 disetiap desa/negeri yang ada di Ambon.

“Dari DD yang didapatkan, untuk minimal, 8 persen anggaran penanganan pandemic Covid-19 juga sudah, disalurkan ke rekening desa,” tandas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Desa Tertinggal (DP3AMD) Kota Ambon Meggy Lekatompessy.

Diakui Lekatompessy, penyaluran Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2021 telah tersalurkan pada 21 negeri dan 8 desa pada lima kecamatan di kota Ambon.

“Yang jelas untuk penyaluran DD tahap pertama semua desa sudah disalurkan,” jelasnya kepada awak media di halaman parkiran Balaikota Ambon, Senin (2/8).

Terkait dana yang diterima tiap desa/negeri menurutnya tentu berbeda-beda. Namun dirinya tidak mengetahui secara rinci. Sebab mengenai data perlu ada pengecekan terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan.

“Saya harus melihat data, ini menyangkut angka,” akui Lekatompessy.

Dirinya membeberkan, untuk proses penyaluran DD tahun ini sempat mengalami keterlambatan dikarenakan beberapa desa tak memiliki Saniri, seperti Desa Nusaniwe dan Amahusu.

Namun, segera pemerintah kota (Pemkot) telah menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga tak ada masalah lagi.

“Desa Nusaniwe dan Amahusu ada keterlambatan, karena menyangkut saniri, tapi sudah diresmikan. Jadi penyaluran berlanjut dan sudah sampai di bulan Juni. Sementara kami proses untuk permintaan bulan Juli,” bebernya.

Kunci percepatan penyaluran DD sebetulnya, menurut mantan Camat Sirimau itu, ada pada kecekatan perangkat desa dan negeri dalam melaporkan pertanggung jawaban penyaluran. Jika sebaliknya, tentu akan memperhambat DD yang masuk tahap berikutnya.

“Semakin cepat desa menyalurkan, dan memberikan pertanggungjawaban realisasi, kami juga akan memproses itu dengan lebih cepat,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed