by

Kota Ambon Dijatahi 387 Kuota CPNS, Didominasi Formasi Guru

AMBON,MRNews.com,- Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2021 akan segera dilakukan 31 Mei 2021 mendatang.

Hal itu diputuskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia.

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dijatahi kuota CPNS sebanyak 387, didominasi oleh formasi guru. Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Ambon Benny Selanno.

Selanno mengaku, jumlah formasi yang diberikan KemenPAN-RB ke Pemkot akan mengisi pada beberapa organisasi perangkat daerah antara lain, teknis maupun umum.

“Kita dapat formasi CPNS 387 orang. Jumlah itu terbagi untuk tenaga teknis dari jalur umum 56 orang. Perinciannya akan kita sampaikan setelah pertemuan di Makassar nanti,” terang Selanno kepada wartawan di Ambon, Rabu (26/5).

Sambung dia, dari total formasi dimaksud, 262 diperuntukkan untuk guru, dengan rincian guru sekolah dasar 37 kuota, sedangkan guru SMP sebanyak 225 orang.

“Persyaratan pelamar umum sudah ada, karena itu merupakan persyaratan baku yang tentunya disesuaikan dengan kondisi, ” ujarnya.

Lebih lanjut, sementara untuk persyaratan bagi tenaga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) itu akan diumumkan usai tim melakukan rapat di Makassar bersama bidang yang menanganinya.

“Hari kamis itu rapat di Makassar. Paling tidak, kita akan umumkan secara bersamaan sesuai jadwal tanggal 31 Mei 2021 kepada warga masyarakat pencari kerja di Ambon. Untuk itu, diharapkan warga mengikuti informasi resmi yang dikeluarkan Pemkot, ” tuturnya.

Aturan penerimaan itu sambungnya, telah ditetapkan pemerintah pusat. Sebab itu, bagi pencari kerja tidak terobsesi dengan modus penerimaan pegawai yang meminta imbalan agar bisa lolos sebagai pegawai PPPK maupun umum.

“Ikuti saja semua tahapan seleksi yang sudah ditentukan. Jangan mudah percaya dengan para calo yang menjamin bakal lolos CPNS,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed