by

Kasus Covid-19 Nihil di Ambon, Jangan Abaikan Dua Hal Ini

AMBON,MRNews.com,- Kasus positif terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Ambon per 22 November 2021 sudah nihil alias nol.

Namun begitu, dinas kesehatan (Dinkes) tetap menghimbau seluruh elemen terkait termasuk masyarakat tidak abai terhadap dua hal yaitu protokol kesehatan (Prokes) dan vaksin.

Kadinkes Ambon Wendy Pelupesssy katakan, meski tidak ada kasus Covid-19 yang dirawat tapi tetap harus ikhtiar dengan Prokes yang ketat. Apalagi Kota Ambon ini sebagai ibukota provinsi dengan mobilitas yang tinggi.

“Jadi tidak menutup kemungkinan ketika orang tidak taat Prokes, apakah itu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, segala sesuatu akan terjadi lagi. Tentu tidak kita inginkan bersama,” ungkap Pelupesssy.

Hal kedua dan yang paling inti adalah vaksinasi lengkap, dosis pertama dan kedua. Sebab yang tidak vaksinasi lengkap itu memungkinkan saja kenaikan kasus Covid-19, yang tentu tidak jadi keinginan pemerintah maupun masyarakat di Ambon.

“Dua aspek ini tidak boleh diabaikan, wajib Prokes dan vaksinasi lengkap. Sehingga trend positif ini tetap terjaga baik seterusnya dan kita bisa hidup, aktifitas normal,” terangnya di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (23/11).

Selain itu, diakuinya, tentu tugas Satgas Covid-19 Kota Ambon untuk bagaimana pergerakan orang dibatasi, dipantau dan ketat dengan Prokes, terutama daerah yang rawan timbulkan kerumunan.

“Kami dari sisi kesehatannya yang kami jaga, vaksinasinya harus lengkap. Teknis membatasi pergerakan orang, domain Satgas mengkoordinasikan, bukan di Dinkes,” akui Wendy.

Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi lengkap oleh warga sambung Pelupessy, gencar vaksin di lapangan, mall-mall dan Puskesmas.

“Di mall, presentasi vaksin baik, walaupun kecil tetap ada orang vaksin. Yang katong inginkan seperti itu. Artinya ada orang yang vaksin kita harus tetap merespons walau kecil 30-40 orang per hari tetap harus kita respon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed