by

Karantina-BNN Bangun Sinergitas cegah penyelundupan Narkoba

AMBON,MRnews.com – Stasiun Karantina Kelas 1 Ambon membangun sinergitas bersama BNN Maluku guna mencegah penyelundupan narkoba via komoditas pertanian melalui transportasi baik darat,udara maupun Laut. Demikian diungkapkan Kepala Karan8tina Pertanian Kelas 1 Ambon, Jumrin usai melakukan sosialisasi Narkotika dan pemeriksaan urin dengan tema “Penyelundupan narkotika dalam media pembawa karantina” yang digelar di kantornya (30/01)

dalam keterangannya, Jumrin menyatakan, Maraknya penyalahgunaan narkoba dewasa ini telah merambah berbagai kalangan. Berbagai modus

penyelundupan narkoba oleh para pelaku kejahatan narkoba pun semakin dengan cara-cara yang tak disangka. bahkan belakangan ditemukan modus baru penyelundupan narkoba melalui komoditas pertanian seperti dimasukkan dalam bawang dan cabe.

Dikatakan, petugas Karantina sebagai pemeriksa komoditas pertanian yang bekerja pada tiga sektor angkutan tersebut perlu memahami modusnya termasuk jenis narkoba dan

modus penyelundupan via komoditas pertanian.

“Petugas perlu dibekali pengetahuan dan pemahaman yang mendalam terkait hal tersebut,” ucapnya.

bahkan BNN Maluku, Syarifah Assagaff  dalam materi juga  menyatakan, permasalahan narkoba harus ditangani dengan lebih serius, dan sensitif terutama dalam penanganan di bidang transportasi.

dan langkah yang diambil oleh Stasiun karantina sudah sangat baik, terutama dengan memberikan contoh.

Lanjutnya, Pencegahan terhadap narkoba dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pengawasan pada tempat pemasukan dan pengeluaran barang yang belum ditetapkan.

Menurut Assagaff, untuk memberantas narkoba, mesti dimulai dari diri sendiri, mempertegas penegakan hukum dan peraturan, membangun kesepakatan bersama dan bertukar pengalaman terbaik dalam upaya pencegahan, menghapus persediaan narkotika gelap dengan mendorong program program pengembangan alternatif. (MR-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed