by

Juara di Maluku, Jong Ambon FC Kini Target Piala Soeratin U-17 Nasional

AMBON,MRNews.com,- Setelah menjuarai Soeratin Cup U-17 tingkat Provinsi Maluku, Jong Ambon FC kini mengusung target yang sama pada tingkat nasional, juara Piala Soeratin U-17.

Presiden Jong Ambon FC Ronny Sapulette katakan, klub bola miliknya itu akan mewakili Maluku ke tingkat nasional. Persiapan mulai dilakukan untuk menuju kompetisi di Jakarta, paling terlambat di pertengahan bulan Februari mendatang.

“Targetnya, kita harus menjuarai piala Soeratin U-17 level nasional. Maka Jong Ambon FC kan mempersiapkan diri untuk menuju ke Jakarta. Paling terlambat dipertengahan bulan Februari 2022,” tandas Sapulette disela-sela konvoi juara Soeratin Cup U-17 Piala Walikota Ambon, Senin (17/1).

Menurut politisi Hanura itu, sejak membentuk Jong Ambon FC, dirinya punya target juara, apalagi disokong dana club yang tidak main-main besarnya. Hanya karena keseriusan dan komitmen kuat untuk pengembangan anak-anak dalam dunia persepakbolaan.

“Komitmen itu sudah jelas terlihat diawal saat seleksi tim inti Jong Ambon FC, beta datangkan pelatih dari Persija Jakarta untuk lakukan seleksi. Sebab kalau dari Ambon, Maluku ditakutkan main-main. Beta ingin profesional,” tegas Lawyer ternama ibukota itu.

Targetnya sambung Sapulette, jelas untuk menjuarai Piala Soeratin U-17. Sehingga pasca tim terbentuk, disiapkan bus club, ambulance, basecamp, termasuk biaya transportasi bagi anak-anak. Karena masih dibawah umur jadi tidak bisa kontrak kerja.

Demi target juara pula, diakui Sapulette, disasarlah pelatih yang berpotensi, punya kemampuan dan profesional. Seiring dengan adanya kontrak bagi pelatih dan asisten pelatih selama setahun.

“Tujuannya untuk jadi juara bukan saja di Maluku tapi mereka juga harus bawa pulang piala nasional U-17. Setelah U-17, kita naik ke Liga 3 nanti. Saya berkoordinasi dengan pelatih untuk ambil empat pemain terbaik diluar club, yaitu Tunas Inti dan Nusantara Masohi, juara 2 dan 3 Soeratin Cup U-17 Piala Walikota Ambon,” tegasnya.

Gafar Lestaluhu, pelatih Jong Ambon FC menambahkan, sesuai apa yang menjadi target Presiden club, Jong Ambon FC akan membawa pulang juara nasional piala Soeratin U-17 kesini (Ambon-Maluku), jadi tekad dan optimisme bersama untuk mewujudkannya.

“Karena di tahun 2014 pada kompetisi yang sama, beta bawa tim Maluku yaitu Nusa Ina FC, finis di urutan tiga nasional kompetisi Piala Soeratin. Saat ini saya punya obsesi khusus, ingin lebih baik lagi dari 2014 dengan membawa Jong Ambon FC juara,” ungkap Gafar.

Guna mewujudkan target itu, Gafar mengaku, pihaknya coba menjalani pola latihan yang modern dan sedikit berbeda
sesuai dengan upgrade Ilmu kepelatihan yang saat ini lagi ngetop, pilanesia.

“Metodenya, modern. Itu salah satu cara kita menata dan rubah pola main, sebab kompetisi ketat disetiap jenjangnya,” sebutnya.

Sementara dari aspek pemain tambah Gafar yang juga Direktur Teknik Asprov PSSI Maluku, dari pertama pembentukan tim sampai edisi kemarin lima bulan eksis, materi pemain ada dari Kota Ambon yaitu Rumahtiga, Batumerah dan selebihnya di pesisir.

“Kita bisa lihat daerah-daerah ini kan fasilitas lapangan, tidak ada. Mereka ini kebanyakan main gawang mini, futsal. Tapi kemudian kami membentuk mereka ke konvensional, sepakbola 11 lawan 11,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed