by

Basis Pendukung Fanatik, Kota Ambon Bakal Didatangi Timnas Belanda November Nanti

-Soccer-4,936 views

AMBON,MRNew.com,- Hubungan kekerabatan antara Kota Ambon dan Negeri Belanda tak hanya terjadi lewat kerjasama dibidang kesehatan, tapi juga dibidang sepakbola.

Sebab Ambon dan Maluku diketahui, menjadi salah satu basis besar dan fanatik pendukung tim nasional (Timnas) Belanda. Selain itu pula, banyak pemain maupun mantan pemain “The Oranye” berdarah Maluku yang membela klub top dunia.

Sebut saja Memphis Depay di Barcelona, Virgil Van Dijk di Liverpool, Wijnaldum di PSG, Daley Blind di Ajax, Donny Van De Beek di Manchester United, serta beberapa pemain top dunia lainnya.

Hal itu bisa menjadi alasan kuat tentang skuad asuhan Louis Van Gaal yang rencananya akan mendatangi Kota Ambon pada 6 November 2021 mendatang untuk melakukan berbagai kegiatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon Richard Luhukay katakan, asosiasi sepakbola Belanda atau KNVB, telah menyurati Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, terkait kunjungan Virgil Van Dijk dkk ke Ibukota Maluku itu.

“Suratnya ditujukan ke pak Walikota. Bahwa, sebelum melakukan kualifikasi piala dunia 2022, mereka ingin melaksanakan beberapa kegiatan di Indonesia, salah satunya di Ambon,” jelasnya kepada wartawan, di Balaikota Ambon, Senin (25/10).

Selain Ambon, Luhukay mengaku, dalam surat pemberitahuan tersebut, kunjungan Timnas Belanda di Indonesia rencananya digelar pada empat kota berbeda. Dua di Indonesia Barat, satu kota di Indonesia Tengah dan Ambon di Timur.

“Berdasarkan surat yang sudah kami terima, hanya ada empat kota di Indonesia yang akan dikunjungi Timnas Belanda, yaitu Jakarta, Manado, Bandung dan Kota Ambon,” terangnya.

Ambon kata Luhukay, dipilih sebagai salah satu tempat tujuan kunjungan di Indonesia, suporter Timnas Belanda diketahui paling banyak berasal dari Ibukota Maluku ini.

“Waktu Euro 2021 (2020) lalu, pendukung Timnas Belanda di Kota Ambon, termasuk yang paling banyak memberikan dukungan, bahkan sampai masuk di media Belanda. Mungkin ini yang membuat mereka memilih Ambon,” paparnya.

Terkait detail kegiatan Timnas Belanda, Luhukay belum bisa memastikan apa saja yang nantinya dilakukan dalam kunjungan dimaksud.

“Detailnya belum bisa kami sampaikan. Sebab, ini hanya pemberitahuan awal kepada kami dari KNVB, atau itu sifatnya baru sebatas konsultasi dan komunikasi awal,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed