by

Dukung PEN, Polisi & Jaksa Bakal Lakukan Pemantauan & Pengawasan

AMBON,MRNews.com,- Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dan Kajati Maluku Rorogo Zega, mendukung program percepatan penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dukungan disampaikan saat dua petinggi Kepolisian dan Kejaksaan di Maluku ini menggelar rapat koordinasi (Rakor) yang turut diikuti Karo Ops, Direktur Krimsus dan Direktur Krimum Polda Maluku di ruang kerja Kapolda, Jumat (23/7/21).

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat katakan, Rakor digelar untuk menindaklanjuti program pemerintah terkait percepatan penanggulangan Covid dan penyerapan anggaran PEN. Program itu bertujuan untuk meringankan beban hidup masyarakat.

“Kapolda dan Kajati sepakat mendukung program penanggulangan Covid-19 dan PEN, bersinergi dengan Pemda sehingga dapat membantu percepatan penyerapan anggarannya,” kata Rum, Sabtu (24/7).

Selain itu, sebutnya, polisi dan jaksa akan melakukan pemantauan, pengawasan dan pendampingan pelaksanaan program itu. Juga mendorong Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk bersama-sama melakukan pendampingan.

“Pendampingan dilakukan untuk antisipasi adanya kesalahan penggunaan anggaran serta memaksimalkan pemulihan kerugian keuangan negara jika terjadi penyalahgunaan anggaran,” terangnya.

Kapolda dan Kajati, juga tambahnya, sepakat lakukan inventarisasi permasalahan yang menyebabkan rendahnya penyerapan anggaran penanggulangan Covid-19 dan PEN sebagai bahan masukan kepada Gubernur.

“Perlu adanya tindak lanjut kegiatan supaya terjalin sinergitas dan persamaan persepsi tentang percepatan penyerapan anggaran program penanggulangan Covid-19 dan PEN,” sebutnya.

Atas beberapa poin kesepakatan, kedepan tambahnya, kedua pihak akan berkoordinasi dengan Gubernur Maluku terkait kegiatan pendampingan teknis penyerapan anggaran penanggulangan Covid-19 dan PEN kepada SKPD terkait di jajaran Pemda Maluku.

“Pendampingan dilakukan Dirreskrimsus kepada Stakeholder terkait. Selanjutnya dilakukan Rakor berkelanjutan sebagai bahan monitoring dan evaluasi,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed