by

Belum Ada Kebijakan Pemasangan Stiker Rumah Warga Belum Vaksin

AMBON,MRNews.com,- Hingga saat ini, belum ada kebijakan yang turunkan dari pemerintah pusat melalui Satgas Covid-19 ke pemerintah kota (Pemkot) Ambon terkait pemasangan stiker door to door khusus bagi rumah warga yang belum vaksin.

“Belum ada kebijakan itu, untuk penempelan atau pelabelan lewat stiker, bagi rumah tangga yang sudah vaksin dan belum,” tandas Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy.

Terkait itu, diakui Wendy, mesti ditanya ke Satgas Covid-19 kota Ambon. Karena kebijakan nanti ada di Satgas, baru tindaklanjutnya ada di dinas kesehatan (Dinkes).

Pasalnya, yang di lapangan dan bertugas lebih ke tingkat bawah itu Satgas desa kelurahan, bukan dari Dinkes.

“Yang bergerak Satgas, bukan Dinkes. Dan belum ada edaran apapun soal itu. Kalau ada pasti katong tindaklanjuti. Lagipula belum ada pembicaraan soal itu,” terangnya kepada media ini di Ambon, Senin (16/8).

Memang menurutnya, sesuatu kebijakan yang dibuat pasti ingin yang terbaik supaya diketahui rumah ini masih ada berapa orang belum vaksin dan memacu orang untuk segera vaksin guna menekan mudah terpapar Covid-19.

Terpisah, Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Ambon A.G Latuheru katakan, hingga kini belum ada petunjuk soal itu dari Satgas provinsi maupun Ketua Satgas Kota Ambon.

Bahwa kebijakan itu sementara berlaku di Pulau Jawa yang tingkat ikut vaksin minim, namun tidak bisa disamakan kondisinya dengan kota Ambon.

“Orang Jawa berbeda dengan kita di Ambon. Dia berlaku di Jawa karena minimnya warga untuk vaksin. Tapi tidak harus kita jalan ikut. Sebab kita harus sesuaikan dengan keadaan setempat. Itu memungkinkan atau menguntungkan tidak, kan begitu,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed