by

Apel Akbar & Long March BAPERA Maluku, Peringati Dua Momen

AMBON,MRNews.com,- DPD Barisan Pemuda Nusantara (BAPERA) Provinsi Maluku melakukan apel akbar dan long march atau Napak tilas di kawasan depan Gong Perdamaian Dunia-Ambon, Sabtu (13/11).

Ketua DPD BAPERA Maluku, Subhan Pattimahu katakan, kegiatan tersebut untuk memperingati dua momen sekaligus yaitu hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dan hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.

Melibatkan pengurus BAPERA Maluku dan Kota Ambon, pemuda/OKP, komunitas dan pelajar SMA serta warga.

“Semangat hari sumpah Pemuda dan Pahlawan harus tetap terpatri. Maka lewat apel Akbar dan long march ini upaya menyatukan pemuda, kita berjalan bersama, mengenang kembali langkah sejarah perjalanan para pahlawan yang telah berjuang dan kini kita nikmati hasilnya,” tandas Pattimahu.

Pasalnya di-era digitalisasi sekarang, akuinya, pemuda dan pelajar telah terhisab dengan perkembangan. Yang membuat semangat dan rasa nasionalisme terhadap bangsa, ditakutkan berangsur pudar.

“Bukan cuma semangat kebangsaan yang ingin katong angkat lewat momen ini, tapi juga perilaku kebangsaan dan selalu mengingat sejarah. Sebab generasi muda ini harapan masa depan bangsa,” akui Ketua DPD KNPI Maluku itu.

Sementara, Walikota Ambon Richard Louhenapessy memandang, dua momen ini memiliki nilai luar biasa yaitu semangat & pengorbanan. Penting mempelajari sejarah, tapi juga tidak boleh lupa dengan inovasi dan kreativitas mengikuti perkembangan khusus kalangan pemuda.

“Kedepan tantangan kita makin berat, maka pemuda harus mampu bersaing dengan membuat inovasi dan penguasaan teknologi. Saya yakin dengan begitu, kedepan diantara peserta apel BAPERA ini akan ada calon Walikota baru. Sebab pemuda adalah agen of change,” pesannya.

Ditempat yang sama, Umar Al Habsy, staf ahli Gubernur Maluku bidang politik mengaku, kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam menggugah pemuda masa kini untuk menghargai perjuangan para pahlawan dan pemuda zaman dulu bagi bangsa.

“Terutama bagaimana BAPERA dan pemuda masa kini dapat meneruskan perjuangan mereka diberbagai bidang, lakukan perubahan lewat peran masing-masing.
Apresiasi bagi BAPERA yang terus berkontribusi bagi pembangunan di Maluku,” ungkapnya.

Dirinya berharap, agar ada dukungan penuh pemuda di Maluku terhadap berbagai program strategis nasional di Maluku demi perwujudan visi misi pemerintah, salah satunya dengan ciptakan inovasi dan penguasaan teknologi. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed