by

Ambon Zona Orange, Walikota Ingatkan Tetap Disiplin Prokes

AMBON,MRNews.com,- Kota Ambon sejak pekan lalu telah kembali ke zona orange atau kondisi sedang penyebaran Covid-19 dengan skors 2,4. Padahal sebelumnya rada dizona kuning dengan skoring 2,5.

Terhadap kondisi itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengingatkan warga kota untuk tetap konsisten dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) meski memiliki aktivitas yang padat diluar rumah.

“Setelah Lebaran Idul Fitri atau saat ini kita kembali ke zona orange. Sebelum itu, zona kita di Ambon dia sudah bergerak ke zona kuning,” ungkap Walikota kepada awak media di Ambon, Minggu (30/5).

Menurutnya, hanya dengan menerapkan Prokes, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan bisa menekan penyebaran Covid-19. Sebab Prokes saat ini sudah jadi budaya masyarakat demi kebaikan bersama.

Permintaan tersebut bukan tanpa alasan namun diyakini dapat mengendalikan angka terkonfirmasi bahkan angka kematian yang berdampak pada skorsing zonasi, dan penetapan peta zonasi.

“Sempat itu yang terkonfirmasi positif turun hanya tersisa 40 (orang) saat kita ada dizona kuning, tapi sekarang dia sudah naik lagi ke 90-an orang terkonfirmasi,” beber Louhenapessy.

Menurutnya, untuk melawan Pandemic Covid-19 tidak saja dibutuhkan peran pemerintah. Tapi semua pihak perlu bekerjasama terutama masyarakat serta pers, swasta, akademisi yang disebut Pentahelix.

Diketahui, data terakhir Covid-19 di Kota Ambon, per Minggu (30/5) menunjukkan, angka terkonfirmasi mencapai 101 jiwa, yang sembuh mencapai 4886 jiwa, korban meninggal sebanyak 75. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed