by

Alasan Kesehatan, Gubernur Murad Ganti Sekda

AMBON,MRNews.com,- Gubernur Maluku Murad Ismail kembali membuat kebijakan “kontroversi” dengan mengganti sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Kasrul Selang. Padahal Kasrul adalah salah satu orang dekat dan kepercayaan Murad.

Kondisi kesehatan Kasrul menjadi alasan mantan Dankor Brimob Polri tersebut mendepaknya. Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Maluku Sadli Ie pun ditunjuk selaku pelaksana harian (Plh) Sekda. Sadli diberi kewenangan merangkap kedua tugas itu.

Pelantikan Sadli selaku Plh bersama 15 pejabat eselon II, III dan IV Pemprov Maluku dilakukan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno di lantai VII kantor Gubernur, Senin (19/7).

Pantauan media ini di lapangan, SK Plh Sekda Maluku merujuk pada peraturan Gubernur Maluku nomor 33 tahun 2020 tentang kedudukan, tugas dan fungsi susunan organisasi dan tata kelola sekretariat daerah, sekretariat DPRD dan Inspektorat daerah provinsi Maluku Pemda Maluku.

“Memperhatikan kondisi kesehatan Sekda Maluku, Gubernur Maluku menunjuk Ir Sadli Ie, Kadishut Maluku untuk merangkap sebagai Plh Sekda Maluku,” demikian bunyi konsederan SK Gubernur itu.

Pada SK tersebut juga ditegaskan, dalam melaksanakan tugas sebagai Plh Sekda, Sadli harus membatasi diri pada hal-hal yang bersifat penting, sedangkan hal-hal yang bersifat prinsipil harus berkonsultasi dengan Gubernur Maluku.

“SK Plh ini berlaku pada tanggal penetapan dan berakhir dengan sendirinya setelah Sekda Maluku defenitif kembali melaksanakan tugas sesuai kebijakan didalam pembina kepegawaian,” demikian penjelasan SK tersebut.

Memang, Kasrul beberapa waktu lalu diketahui terpapar Covid-19 dan sempat dirawat kurang lebih dua pekan di RSUD dr Haulussy.

Namun setelah sembuh, mantan Kadis PRKP itu tetap melakukan tugasnya baik sebagai Sekda maupun ketua harian Satgas penanganan Covid-19 provinsi.

Pasca diganti, Kasrul hingga saat ini masih belum diketahui menduduki jabatan apa. Ketika dikonfirmasi beberapa kali via telepon maupun WhatsApp perihal pergantian dirinya, Kasrul tidak merespons. Demikian juga Kepala BKD Maluku Jasmono. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed