by

46 Siswa SMA Ikut Seleksi Paskibraka di Ambon

AMBON,MRNews.com,- Seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2021 tingkat Kota Ambon telah dimulai oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon.

Sebanyak 46 siswa dari 23 SMA di Maluku ambil bagian dalam seleksi di SMK PGRI Provinsi Maluku Kamis (22/4).

Kepala Dispora Kota Ambon Richard Luhukay mengaku, seleksi Paskibraka ini rutin dilakukan setiap tahun untuk persiapan pengibaran dan penurunan bendera saat peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus.

Selain itu, seleksi berjalan juga tambahnya, sesuai rujukan surat edaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang memerintahkan dilakukan oleh provinsi dan kota. Sebab ditahun lalu sempat terhenti karena awal masa Pandemi Covid-19.

“Tahun ini seleksi Paskibraka se-Maluku merujuk surat dari Kemenpora. Karena itu dimulai seleksi hari ini diikuti 46 siswa dari 23 SMA diwilayah kota Ambon. Seleksi awal tahun kemarin terhenti karena pandemi Covid-19,” jelas Luhukay.

Pihaknya tambah Luhukay, telah menyurati sekolah-sekolah khusus SMA/SMK sederajat untuk lakukan seleksi dan ada yang sudah selesai dengan mengusulkan nama-nama. Sementara yang lain, diharapkan segera kirimkan sepasang siswa/siswi untuk segera mendaftarkan diri ikut seleksi tersebut.

“Permintaan dari Provinsi Maluku hanya dua orang dari satu sekolah. Proses seleksi yang dilakukan selama dua hari dilakukan sesuai protokol kesehatan (Prokes),” bebernya.

Meski masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, namun Luhukay berharap, seleksi nantinya bisa menghasilkan anggota Paskibraka yang terbaik dari kota Ambon untuk nantinya bertugas saat 17 Agustus 2021, baik upacara detik-detik proklamasi maupun upacara penurunan bendera. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed