by

30 Pasien Ikut Operasi Bibir Sumbing, 2 Warga Luar Maluku

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 30 orang warga terdaftar untuk mengikuti bakti sosial operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit secara gratis kepada anak-anak yang dilakukan Polda Maluku melalui Bidang Dokter dan Kesehatan (Biddokkes), Senin (14/6).

“Mereka sudah di screening, dan tentu akan ada penilaian, layak atau tidaknya dioperasi. Mungkin saja berkurang jumlahnya,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri disela peninjauan operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit di Rumah Sakit Tingkat III Bhayangkara Polda Maluku, Kota Ambon.

Dikatakan Refdi, pelaksanaan operasi bibir sumbing gratis direncanakan berlangsung selama tiga hari dalam rangka memperingati HUT ke-75 Biddokkes Polri.

Jenderal bintang 2 Polri di Maluku ini mengaku pelaksanaan operasi bibir sumbing didukung penuh oleh Yayasan Smart Train. Mereka mendatangkan dokter ahli bedah dari Surabaya, Jawa Timur.

“Yayasan yang mensuport adalah Smart Train. Mereka datang bersama tim dokter bedah sangat lengkap. Terimakasih kepada Yayasan Smart Train yang sudah berbuat baik. Saya titipkan anak-anak kita yang akan operasi hari ini, esok dan lusa. Semoga hasilnya lebih baik,” katanya.

Refdi berharap operasi bibir sumbing diharapkan dapat membuat anak-anak, orang tua maupun keluarga tersenyum bahagia. “Pada akhirnya nanti membuat anak-anak, adik-adik kita tersenyum bahagia,” jelasnya.

Mantan Kakorlantas Polri ini juga berharap program-program kemanusiaan tersebut tidak sampai disini, tapi terus berkelanjutan ditahun mendatang.

“Kita harap program seperti ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan yang sama atau kegiatan yang bisa lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kompol dr Chandra Tanoeisan menambahkan, dari 30 orang yang terdaftar operasi bibir sumbing, 2 diantaranya datang dari luar Maluku yaitu Pulau Obi Maluku Utara dan Fak-Fak Papua.

“30 orang skrining hari ini. Tapi belum tentu semua lolos. Hari ini mungkin ada sekitar 6-9 orang. Diusahakan hari kedua, besok selesai. Hari ketiga perawatan dan biasanya sudah bisa langsung pulang,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed