by

18 Senpi Rakitan, Magazen & Amunisi Bekas Konflik Diserahkan ke TNI

AMBON,MRNews.com,- Sebanyak 18 pucuk senjata api (Senpi) rakitan, 1 buah Magazen dan 16 butir Amunisi yang diserahkan masyarakat diterima Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin dari Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf R. Dwi Tjahjo Harsono untuk ditunjukkan ke publik.

Expose dilakukan usai penutupan pendidikan Tamtama TNI AD gelombang II TA. 2020 di lapangan Rindam XVI/Pattimura, Sabtu (10/04/21).

Senjata perolehan tersebut merupakan hasil dari pembinaan teritorial (Binter) prajurit Rindam kepada masyarakat diwilayah binaannya, sehingga masyarakat sadar dan menyerahkan dengan sukarela.

Diperkirakan senjata tersebut merupakan sisa pasca konflik horizontal di Maluku sekitar tahun 1999-2000.

Pangdam memberi respon positif kepada Danrindam dan jajarannya atas perolehan senjata dan amunisi tersebut. Karena diluar dari tugas pokoknya sebagai satuan pencetak prajurit bintara dan tamtama.

“Saya apresiasi. Ini diluar tugas utama tapi juga mampu melaksanakan kegiatan Binter terbatas dan terbukti, bisa memperoleh senjata dan amunisi dari masyarakat secara sukarela,” jelasnya.

Sampai saat ini kata Rahawarin, Kodam berhasil mengumpulkan 106 pucuk, terdiri dari 6 pucuk senjata organik dan 100 pucuk senjata rakitan, sedangkan amunisi sebanyak 252 butir campuran. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed