by

Wakil Maluku di Senayan Dukung Revitalisasi Benteng Victoria & Relokasi Makodam

AMBON,MRNews.com,- Dua anggota DPR RI asal Maluku, Hendrik Lewerissa atau akrab disapa HL dari fraksi Gerindra dan Mercy Chriesty Barends (MCB) dari fraksi PDI Perjuangan menyambut positif rencana revitalisasi benteng Victoria dan relokasi markas Kodam (Makodam) XVI/Pattimura.

MCB mengaku, dukungan sepenuhnya atas rencana itu yang diinisiasi pemerintah kota (Pemkot) Ambon sebab akan sangat berdampak bagi kota Ambon beberapa tahun kedepan, jika terealisasi.

“Sebagai wakil Maluku kami akan membantu sesuai kewenangan kami di DPR RI, khususnya menyangkut kebijakan dan anggaran,” tandas MCB saat rapat bersama Deputi I Kantor Staf Presiden Febry Calvin Tetelepta dan Pemkot Ambon beserta stakeholder terkait perihal rencana itu di KSP, Rabu (10/3).

Walau memang diakui Barends, ini membutuhkan waktu. Apalagi negara ini sementara berada dalam situasi pandemi, dimana keuangan negara masih terbatas dan banyak anggaran yang harus dipotong.

“Meski begitu, kami akan memperjuangkan kesepakatan dan langkah yang sudah diambil Pemkot Ambon ini, walau tak bisa sekaligus, karena keterbatasan anggaran,” janji mantan anggota DPRD Maluku.

Senada, Hendrik Lewerissa menambahkan, langkah merevitalisasi benteng Victoria dan memindahkan Kodam XVI/Pattimura adalah kebijakan visioner yang patut didukung semua pihak.

Menurut HL yang juga ketua DPD Gerindra Maluku, lokasi bangunan Kodam saat ini dirasa sudah tidak lagi memungkinkan untuk bangunan markas komando, karena lokasinya yang sempit dan terbatas.

“Selain kami akan bantu sesuai kewenangan kami di DPR RI, kami tawarkan kepada Pemkot Ambon pentingnya pelibatan pihak ketiga dalam rencana revitalisasi tersebut. Sehingga tidak sepenuhnya anggarannya dibebankan kepada negara,” harap HL. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed