by

Vaksin Moderna Telah Disuntik ke 29 Persen Nakes Ambon

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy katakan, vaksin Moderna yang merupakan jenis vaksin khusus tenaga kesehatan (Nakes), hingga saat ini telah disuntik dosis ketiga kepada 29 persen Nakes di Kota Ambon atau sebanyak 941 orang.

“Nakes di Ambon yang baru disuntik dosis ketiga dengan Moderna sebesar 29 persen atau 941 orang,” tandas Pelupessy kepada awak media di Balaikota, Senin (30/8).

Dikatakan, penyuntikan vaksin dosis ketiga yakni moderna harus secara bertahap, sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Vaksin itu tidak bisa sembarang diberikan, demikian juga bagi Nakes. Sebab tetap bertahap disesuaikan dengan kondisi,” terangnya.

Karena itu, kata dia, jumlah Nakes yang tervaksin dosis ketiga masih belum cukupi target. Pasalnya jumlah Nakes yang harus divaksinasi dosis ketiga mesti sama dengan jumlah mereka yang vaksin tahap awal dan kedua, yakni 3.661 orang.

Keterlambatan ini menurut Wendy, karena banyak Nakes yang terpapar Covid-19. Sehingga butuh waktu tiga bulan untuk penyesuaian kondisi guna menerima vaksin dosis ketiga.

“Nakes yang terkonfirmasi, mereka menunggu tiga bulan untuk melakukan vaksinasi Moderna,” ungkapnya.

Bahkan lanjut Wendy, ada beberapa Nakes juga yang belum melakukan penyuntikan dosis kedua dari dosis pertama yang diberikan, baik itu Sinovac maupun AstraZeneca.

“Jadi harus dilengkapi Sinovac dulu, dua kali baru masuk ke Modern, tidak bisa langsung disuntik Moderna karena itu tahapannya,” kunci Wendy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed