by

Vaksin Covid-19 Sinovac Asal China Tiba di Indonesia

JAKARTA,MRNews.com,- Pemerintah telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) ke Indonesia, Minggu (6/12/20).

Vaksin tersebut merupakan vaksin Sinovac yang berasal dari China tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta diangkut menggunakan pesawat miliki PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Vaksin Sinovac merupakan vaksin yang saat ini sedang dalam proses uji klinis tahap tiga di Bandung.

“Hari ini (kemarin-red) pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Minggu (6/12) sebagaimana dilansir KONTAN.Co.Id.

Presiden Joko Widodo menyebut pemerintah terus berupaya mendatangkan vaksin Covid-19. Rencananya Indonesia juga akan mendatangkan vaksin pada Januari 2021 mendatang.

“Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021,” terang Jokowi.

Indonesia juga akan mendatangkan bahan baku curah vaksin Sinovac. Bahan baku tersebut kata Jokowi, akan didatangkan sebanyak 15 juta dosis pada bulan Desember ini dan 30 juta dosis pada Januari 2021 mendatang.

“Dengan tibanya vaksin akan membantu Indonesia mencegah penularan Covid-19. Namun, tahap vaksinasi harus mendapat persetujuan terlebih dahulu oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” demikian orang nomor satu di Indonesia itu.

Sementara, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengaku, pemerintah akan segera mengatur teknis vaksinasi program dan vaksinasi mandiri untuk vaksin virus corona (Covid-19).

Vaksinasi program merupakan vaksinasi yang biayanya ditanggung oleh pemerintah. Sementara vaksinasi mandiri harus dibayar oleh penerima vaksin.

“Aturan rinci untuk kedua skema tersebut akan segera diterbitkan dalam satu, dua minggu kedepan,” ujarnya dalam video keterangan saat kedatangan vaksin di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (6/12).

Vaksinasi untuk vaksin Covid-19 kata Menko Perekonomian RI itu, akan dilakukan secara bertahap sesuai aturan yang ada. Dimana nantinya tahap awal akan diberikan bagi tenaga kesehatan (Nakes) dan petugas pelayanan publik.

Sebagai informasi, saat ini kasus positif Covid-19 berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 telah mencapai 575.796 kasus. Dari angka tersebut sebanyak 474.771 kasus sembuh dan 17.740 kasus meninggal dunia. (**)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed