by

Uji Sampel Swab, BPOM Ambon Siapkan 10 Petugas Terlatih

AMBON,MRNews.com,- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Ambon siap lakukan penanganan uji sampel spesimen Swab secara mandiri untuk membantu BTKLPP Ambon. Karena itu 10 orang petugas terlatih yang sebelumnya telah mendapat pelatihan khusus uji virus COVID-19 di BTKLPP Kelas II Ambon pada 9-11 Juni 2020 disiapkan.

Karena itu, Selasa (30/6), Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang,Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Meykal Pontoh, Sekretaris Dinkes Kota Ambon Robert Candra, Kepala BTKLPP Kelas II Ambon Budi Santoso, meninjau kesiapan uji mandiri COVID-19 BPOM Ambon di Laboratorium Biologi Molekuler BPOM Ambon.

Dalam rilis BPOM yang didapat media ini, Rabu (1/7) menerangkan, Kasrul mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan BPOM Ambon dalam kesiapan uji mandiri COVID-19. Upaya ini sangat membantu pemerintah provinsi Maluku dalam mempercepat proses pengujian sampel COVID-19.

“Gugus Tugas sangat mendukung BPOM Ambon dalam melakukan pengujian Covid-19 dan mengharapkan agar faktor keamanan (safety) baik kepada analis maupun jajaran yang ada di BPOM Ambon menjadi prioritas,” pesan Kasrul dalam lawatannya.

Kasrul juga meminta dukungan masyarakat dilingkungan kantor BPOM di Ambon, baik lurah maupun RT untuk mendukung BPOM dalam uji mandiri COVID-19. Seluruh prosedur keamanan telah dipersiapkan sedemikian rupa yang dilengkapi dengan fasilitas sangat memadai, dengan demikian tidak perlu ada rasa khawatir.

“Masyarakat dihimbau untuk disiplin dalam menerapkan 3D yaitu disiplin gunakan masker, disiplin jaga jarak serta disiplin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir” imbaunya.

Sementara, Kepala BPOM Ambon Hariani mengaku laboratorium biologi molekuler BPOM Ambon yang sebelumnya menjadi laboratorium supporting bagi Balai Teknik Kesehatan Langkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon dengan menguji ekstrak RNA virus secara PCR, kini telah dilakukan peningkatan sehingga mampu uji mulai dari sampel specimen swab.

“BSC-Class 2A ini difasilitasi di setiap ruangan yaitu ruang unboxing sampel specimen, ruang ekstraksi RNA virus, ruang master mix, serta ruang penambahan template RNA virus,” kata Hariani.

Selain itu, menurutnya, berbagai fasilitas disupport oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku meliputi pengadaan BSC A2 dan PCR Cabinet, alat pelindung diri (APD) berupa hazmat (hazardous material) serta kit ekstraksi RNA dan kit uji PCR.

Dengan berbagai fasilitas dan pelatihan petugas yang telah dipersiapkan, Hariani mengaku, BPOM Ambon akan mampu melakukan uji mandiri COVID-19 mulai dari sampel specimen Swab dari Dinas Kesehatan di kabupaten/kota Provinsi Maluku.

“Swab dilakukan dengan pengambilan sampel dahak, lendir atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan) atau paru-paru pasien yang diduga terinfeksi virus corona,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed