by

Negeri Rutong Lakukan Lompatan Luar Biasa

AMBON,MRNews.com,- Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) Kota Ambon membuat suatu lompatan sangat luar biasa karena mampu beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi.

Hal itu diapresiasi Walikota Ambon Richard Louhenapessy saat pencanganan lompatan digital Negeri Rutong Maju, platform digital berbasis web Rutong ID oleh Sekjen Kemendesa PDTT Taufik Majid secara virtual, Senin (1/3/21).

Sebab hal ini sebagai bagian dari semangat Ambon sebagai kota yang smart atau kota pintar. Pasalnya era saat ini adalah pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan ciri kehidupan sosial masyarakat.

“Saya bahagia karena ada inovasi baru yang dilakukan salah satu desa di kota Ambon. Apresiasi bagi Raja, Saniri dan masyarakat Rutong. Adanya soft launching ini bagian dari mewujudkan Ambon sebagai kota pintar,” jelasnya di lantai II Balaikota Ambon.

Menurutnya, digitalisasi merupakan kata kunci dalam mengejar ketertinggalan. Oleh karena itu, mau tidak mau dan suka tidak suka, digitalisasi sudah menjadi kebutuhan.

“Kita bisa saja tidak suka dengan seluruh proses digitalisasi. Tetapi proses perubahan digitalisasi ini akan terus berjalan sehingga kalau kita tidak bisa adaptasi otomatis kita akan tertinggal dengan daerah lain,” urainya.

Negeri Rutong menurut Louhenapessy, harus beruntung punya Raja visioner yang dapat mendorong bahkan membuat Rutong bisa sejajar dengan Negeri di Ambon bahkan bisa melebihi dan sejajar dengan desa di Jawa.

Sehingga bagi kepala desa dan Raja lain, dirinya mengajak jadikan ini untuk memacu dalam membuat inovasi lain bagi penyelenggaraan pemerintahan yang bermuara bagi kepentingan masyarakat.

“Raja Rutong telah terobsesi menjadikan Rutong negeri yang pintar. Dalam konteks pelayanan publik prima, inovasi dan terbuka. Ini ciri masyarakat modern. Semoga harapan itu bisa menjadi contoh bagi kepala desa, Raja yang ada dikota ini. Bahkan menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lain di Maluku,” jelasnya.

Sementara Raja Rutong Reza Valdo Maspaitella mengaku, dirinya mendorong Negeri Rutong untuk bisa berpartisipasi diera digital dengan menyiapkan terobosan dalam bentuk smart village atau desa pintar yang proses soft launching hari ini berisikan berbagai fitur yang bisa diakses lewat Rutong Id.

“Kiranya lompatan digital ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan Negeri Rutong, dengan menjadikan Rutong Negeri Ekowisata berbasis adat, yang memiliki pohon sagu terbanyak di kota Ambon,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed