by

TNI-Polri Harus Jadi Dinamisator & Inisiator

AMBON,MRNews.com,- TNI-Polri harus menjadi dinamisator dan inisiator. Termasuk dalam memanfaatkan lahan tidur dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan diwilayah tugasnya.

Hal itu diungkapkan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar saat bersama Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq menghadiri pembekalan aparat teritorial satuan BKO Kodam XVI Pattimura di Mako Rindam XVI Pattimura, Negeri Suli-Maluku Tengah, Senin (13/7).

“Wujud negara hadir adalah hadirnya TNI-Polri ditengah masyarakat. Presiden berpesan selama TNI Polri bersinergi, saya tidak akan ragu memimpin negara ini. Artinya Presiden menggantungkan harapan kepada TNI-Polri,” tukasnya.

Selama ini dirinya dan Pangdam sampai Bhabinkamtibmas dan Babinsa dilapangan saling berkomunikasi dalam pelaksanaan tugas. Bahkan setiap kegiatan direkam. Ini sebagai bekal yang cukup pada jajaran agar dapat menampilkan diri yang terbaik.

“Sejarah yang membuat saya dekat dengan TNI, kemana pun saya bertugas selalu mengajak TNI bersebelahan, berdampingan, selalu seiring berjalan dalam pelaksanaan tugas. Kita harus jadi contoh, mengingatkan masyarakat selalu humanis dan harus bekerja dengan mata hati,” ingatnya.

Langkah nyata harus segera dilakukan adalah sinergikan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam mendeteksi semua potensi konflik dan permasalahan sosial diwilayah masing-masing serta mengikutsertakan pranata sosial atau adat dalam upaya penyelesaiannya. Selain fungsi intelijen untuk deteksi dan pencegahan dini melalui pertemuan berkala.

“Meningkatkan intensitas seperti latihan bersama, kegiatan sosial dan olahraga bersama guna menumbuhkan rasa kebersamaan dan soliditas serta sinergitas TNI-Polri. Mengaktifkan media commander wish TNI-Polri hingga ke satuan terbawah,” pesan Kapolda.

Sementara Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq berharap aparat teritorial satuan BKO dapat meleburkan diri dimasyarakat, sehingga ketika selesai melaksanakan tugas mereka akan rindu.

“Berikan contoh. Satu ketauladanan lebih berarti daripada sejuta arahan,” pinta Pangdam. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed