by

Tingkatkan Literasi & Inklusi Pasar Modal, CMSE 2020 Digelar Virtual

Jakarta,MRNews.com,- Guna meningkatkan literasi serta inklusi masyarakat terhadap Pasar Modal Indonesia (PMI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) menggelar Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020 secara virtual Senin-Sabtu (19-24/10/20).

Sekretaris perusahaan PT BEI Yulianto Aji Sadono katakan, CMSE 2020 diadakan sebagai rangkaian peringatan 43 tahun diaktifkannya kembali PMI. CMSE 2020 dikemas dalam format serangkaian seminar (Summit) dan pameran (Expo) PMI, sebagai sarana menampilkan peran dan fungsi seluruh lembaga, profesi, produk, dan layanan di PMI kepada para stakeholders dan publik.

Acara dibuka dengan laporan kegiatan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dilanjutkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang sekaligus membuka CMSE 2020.

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, CMSE 2020 kali ini kegiatan pameran para stakeholders pasar modal, seminar, dan kegiatan edukasi serta sosialisasi pasar modal seluruhnya dilakukan daring alias virtual 6 hari berturut-turut. Setiap harinya ada 2-3 sesi seminar dan talkshow hadirkan narasumber dibidang pasar modal,” ujarnya.

Seiring usaha meningkatkan literasi dan inklusi PMI, penyelenggaraan CMSE 2020 kata dia, bertujuan untuk menumbuhkan jumlah investor di Pasar Modal Indonesia. Juga sebagai upaya mendukung pencapaian target penambahan jumlah perusahaan tercatat baru maupun nilai penggalangan dana di PMI.

CMSE 2020 ini ditargetkan akan diikuti 10.000 orang peserta yang terdiri dari calon investor, investor, perusahaan tercatat, dan calon perusahaan tercatat, serta menjadi ajang bertemunya seluruh stakeholders di pasar modal dan masyarakat umum secara virtual.

“CMSE 2020 menggunakan aplikasi berbasis website, pada alamat cmse.id, yang dibangun khusus sesuai kebutuhan pengunjung yang akan menghadiri acara ini. Pengunjung dapat mengakses booth/expo secara virtual dan menyaksikan seminar melalui alamat itu” beber Sadono dalam rilisnya kepada media ini, Senin (19/10).

Seminar utama akan mengambil tema “Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Ketahanan Sektor Riil” akan disampaikan oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Menteri Perindustrian.

Selain itu, seminar dan talk show CMSE 2020 juga akan menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang, antara lain tokoh dari perusahaan tercatat dan investor yang inspiratif, perencana keuangan, profesional, praktisi, dan/atau figur publik di industri pasar modal.

Terdapat juga pameran virtual dari para stakeholders di pasar modal seperti perusahaan sekuritas, perusahaan tercatat, manajer investasi, asosiasi, dan regulator. Pameran ini juga memudahkan pengunjung untuk membuka rekening saham dan reksa dana secara langsung.

Salah satu kegiatan CMSE 2020 lain yaitu pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang berjasa dalam pengembangan Pasar Modal Indonesia, diantaranya Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed