by

Tiap Puskesmas Siapkan 5 Vaksinator

AMBON,MRNews.com,- Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, pemerintah kota (Pemkot) Ambon telah menyiapkan untuk setiap Puskesmas yang melayani vaksinasi nantinya pada 15 Januari sebanyak lima (5) vaksinator.

“Untuk masing-masing puskesmas itu kita sudah siapkan 5 vaksinator. Tiap Puskesmas akan diamankan oleh aparat keamanan dan Satpol PP,” tandas Walikota Ambon Richard Louhenapessy di instalasi farmasi Dinkes kota Ambon, Rabu (13/1/2021).

Pemkot menurutnya, memang kesulitan tenaga Pol PP. Karena itu akan dilibatkan Linmas untuk menjaga setiap Puskesmas yang tersimpan vaksin. Karena prosesnya mulai dari Januari sampai April untuk tahap pertama.

Ditempat yang sama, kepala dinas kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy mengaku, untuk Puskesmas mana yang akan didahului distribusi nanti ditentukan besok.

“Yang jelas pasti besok distribusi. Sebab tanggal 15 Januari sudah musti jalan. Jadi besok sudah musti bagi, entah nanti katong bagi tim di lima kecamatan atau keliling untuk masing-masing itu. Habis ini katong rapat dulu,” beber Wendy.

Sama dengan penyaluran dari provinsi ke kota sebutnya, penyaluran vaksin dari instalasi Dinkes kota Ambon ke 29 Fasyankes pelaksana vaksinasi tetap akan dikawal polisi karena takut kecolongan atau hal lain yang tidak diinginkan.

“Yang jelas dari bidang farmasi Dinkes akan dampingi distribusi. Misalnya besok beta, ya pasti beta akan dampingi bagi. Juga minta waktu pak Walikota apakah beliau juga akan ikut dalam tim itu. Nanti sebentar sore katong rapat jam 4 deng beliau, untuk persiapan besok itu seperti apa,” jelasnya.

Menyoal berapa banyak vaksin yang didapat tiap Puskesmas, Wendy belum bisa pastikan.

“Nah itu sebentar katong hitung berdasarkan data yang masuk. Kan kemarin baru data keseluruhan. Katong akan hitung bukan per Puskesmas, tapi per 29 Fasyankes yang sudah ditetapkan,” demikian Wendy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed