by

Setara Institute Bakal Anugerahi Ambon Kota Toleransi Tertinggi di Indonesia

AMBON,MRNews.com,- Setara Institute, sebuah LSM yang fokus advokasi tentang demokrasi, kebebasan politik dan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia, akan memberi apresiasi dan penghargaan kepada Kota Ambon sebagai satu diantara 10 kota di Indonesia yang mendapat rangking tertinggi sebagai kota dengan indeks toleransi tertinggi di Indonesia.

Hal tersebut ditegaskan Walikota Ambon Richard Louhenapessy pada apel rutin pemerintah kota (Pemkot) Ambon di halaman parkir Balaikota, Senin (22/2/2021).

Penghargaan Setara Institut tersebut diakui Louhenapessy, rencananya akan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavaian di Jakarta dan diterima nantinya oleh Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler mewakili Pemkot Ambon pada 25 Februari 2021 mendatang.

“Pa Wakil Walikota akan menerima penghargaan dari Setara Institute pada 25 Februari nanti di Jakarta. Kota Ambon bersama 9 Kota lainnya di Indonesia yang masuk rating tertinggi indeks toleransi tertinggi di Indonesia,” tandasnya.

Selain apresiasi itu, sebut Walikota, diwaktu bersamaan dirinya akan melakukan rapat di Istana Negara dalam rangka persiapan penyerahan Benteng Victoria dan Relokasi Markas Kodam (Makodam) XVI/Pattimura, yang telah dirampungkan seluruhnya untuk selanjutnya dilaporkan kepada Kantor Staf Presiden (KSP) RI.

“Saya tanggal 25 Februari itu akan rapat di Istana Negara soal persiapan penyerahan Benteng Victoria. Kita telah rampungkan seluruhnya dan akan dilaporkan ke KSP. Nanti selanjutnya KSP akan take over seluruh persiapan itu hingga tuntas. Mari kita ikuti perkembangannya,” ujarnya.

Terkait maksud tersebut, mantan ketua DPRD Maluku itu lantas meminta dukungan doa masyarakat kota Ambon agar seluruh persiapan dan perencanaan itu bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan.

“Terima kasih kepada pak Panglima Kodam XVI/Pattimura, Dandim 1504/Ambon melalui pa Andries telah disampaikan karena dukungan luar biasa dari seluruh lembaga, kementerian yang ada sehingga kemarin saya telah menghadap Wakil Menteri Pertahanan dan apresiasi beliau juga luar biasa untuk itu,” imbuhnya.

“Hari Kamis telah saya konfirmasi untuk rapat di KSP dalam rangka persiapan penyerahan Benteng Victoria,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed