by

Puncak HPSN di Ambon, Sapa Berlian Dicanangkan

-Kota Ambon-400 views

AMBON,MRNews.com,- Pada puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020 di Kota Ambon, akan dilakukan pencanangan Sabtu Pagi Bersih Lingkungan (Sapa Berlian). Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang rencananya mencanangkan kegiatan tersebut, Jumat (21/2/2020).

“Saat puncak HPSN 2020 Jumat 21 Februari, pa Walikota akan mencanangkan Sabtu Pagi Bersih Lingkungan (Sapa Berlian), yang pelaksanaannya itu disemua desa dan kelurahan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon Lucia Izaak usai pembukaan lomba Mural dalam rangka HPSN di Karang Panjang, Selasa (18/2/2020).

Pemerintah kota (Pemkot) kata Lucia, disamping beberapa kegiatan yang sudah dilakukan termasuk lomba Mural, telah dikeluarkan surat edaran Walikota nomor 658.1/01/SE/2020 per 31 Januari tentang gerakan pilah sampah dari rumah. Yang mana diharapkan pada masyarakat agar sampah sudah terpilah dan nantinya dimanfaatkan sesuai jenisnya.

“Nantinya sampah yang dibawa ke TPS itu hanya berupa residu. Supaya katorang tidak menambah beban kepada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) cepat penuh. Berikutnya sampah itu sendiri dapat menjadi sumber daya yang bisa memiliki potensi ekonomi buat warga sekitar. Tujuan adanya surat edaran itu kepada masyarakat,” sebutnya.

Senada, Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler membenarkan nantinya pada 21 Februari, Pemkot lewat Walikota akan mendeklarasikan atau canangkan satu gerakan peduli lingkungan yang baru yaitu Sapa Berlian yang merupakan bagian dari Jumpa Berlian (Jumat Pagi Bersih Lingkungan) yang terlaksana setiap hari Jumat.

“Jumpa Berlian dilaksanakan oleh aparatur ASN lingkup Pemkot Ambon, sedangkan Sapa Berlian akan dilakukan diseluruh lingkungan desa/kelurahan, RW dan RT dalam lingkup Pemkot Ambon. Lewat itu, kita harapkan ada kesadaran bersama pentingnya kebersihan lingkungan yang bukan saja tanggungjawab pemerintah tapi seluruh elemen masyarakat,” demikian Hadler. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed