by

Renovasi 17 Rumah Kumuh di Wainitu Ditargetkan Tuntas Desember

AMBON,MRNews.com,- Proses renovasi 17 rumah kumuh yang berada di kawasan pantai Wainitu Kecamatan Nusaniwe yang telah dimulai September lalu dengan peletakan batu pertama oleh Walikota Ambon, ditarget tuntas pada Desember 2021 mendatang.

Renovasi kali ini dalam bentuk tak biasa. Sebab 17 rumah sasaran, akan “dibedah” dengan bagian depan rumah menghadap ke laut, dimana sebelumnya menghadap ke bagian jalan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Ambon Rustam Simanjuntak katakan, 17 Rumah di Wainitu akan dirubah posisinya. Ini agar warga tidak buang sampah ke laut yang bisa timbul pencemaran.

“Jadi depan rumah yang sebelumnya berhadap ke jalan akan dibalik menghadap ke bagian laut. Keuntungan dari rubah pasat ini yaitu daerah itu menjadi bagus, tidak kumuh,” kata Simanjuntak di Ambon, Rabu (27/10).

Selama ini Pantai di Wainitu masuk kategori kumuh. Untuk itu, dengan merubah posisi belasan rumah tersebut, diharapkannya dapat menjadikan pantai disitu menjadi lebih bagus.

“Dengan dibaliknya pasat itu, pasti pantai disana lebih bagus. Tidak lagi buang sampah ke laut. Apalagi kalau kita sudah benahi sampai di Kristen Center yang dikawasan Bank Dunia itu, ” ujarnya.

Sebagai komitmen terhadap keindahan dan kebersihan kota in, Simanjuntak mengaku, kalau pihaknya akan menyediakan tempat sampah, setelah 17 rumah dimaksud sudah dirubah posisinya.

“Nanti pasti disediakan tempat sampah, ” sampah sampai di Kristen Center. Kalau sudah demikian, tinggal armada Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Ambon yang akan angkat,” sebutnya.

Mengenai jumlah anggaran yang akan dipakai untuk renovasi rumah kumuh di Wainitu, sambung Simanjuntak, sebanyak Rp 700 juta dari APBD 2021.

“Kalau anggaran untuk rubah pasat ini, ada 700 ratusan juta lebih kontraknya. Itu nanti dikerjakan pihak ketiga,” ungkapnya.

Dengan anggaran tersebut, pihaknya tambah Simanjuntak, memastikan, kalau perubahan posisi rumah ini akan selesai Desember 2021.

“Program ini kan pakai APBD murni. Kita pastikan itu perubahan posisi 17 rumah ini akan selesai Desember,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, sebenarnya ada 23 rumah yang akan dirubah posisinya. Hanya karena refocusing anggaran, maka hanya 17 rumah yang direnovasi. 6 rumah sisa akan diprioritaskan pada tahun 2022. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed