by

Persediaan Sembako Aman Hingga Tiga Bulan Kedepan

AMBON,MRNews.com,- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon Sirjhon Slarmanat mengaku, ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) di Kota Ambon berupa gula pasir, beras, susu, telur, mentega, terigu, minyak goreng, aman hingga tiga bulan kedepan terhitung April ini.

“Sesuai data pantauan harga dan penyediaan stok dilebih dari 20 distributor dan toko sembako, diprediksi untuk tiga bulan kedepan stok bahan pokok di Kota Ambon aman dan tersedia,” tandas Slarmanat di Ambon, Minggu (18/4).

Ketersediaan bahan pokok, diakui mantan Kabag Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon itu, bahkan juga terjamin saat Idul Fitri 1442/H pada Mei mendatang. Meski dijamin pasti permintaan masyarakat akan tinggi seiring kebutuhan meningkat saat momen tersebut.

“Masyarakat kota Ambon khususnya yang akan merayakan Idul Fitri tidak usah khawatir. Sebab stok bahan pokok juga dijamin tersedia. Tidak boleh panic buying,” harap Slarmanat.

Dicontohkan Slarmanat, untuk stok bahan pokok di Kota Ambon diantaranya beras, per 4 April 2021, stok masih tersedia kurang lebih 3.000 ton, minyak goreng 245.358 liter, terigu saat ini mencapai 7.683 ton.

“Kemudian telur atam ras tersedia 635.385 butir, gula pasir yang tersedia sebanyak 573 ton. Margarin/mentega sebanyak 169 ton, susu sebanyak 459.049 kaleng,” terangnya.

Ditambah lagi, dalam waktu dekat persediaan sembako lainnya akan segera masuk kembali ke Kota Ambon yakni terigu 1450 ton, telur ayam ras 171.000 butir dan gula pasir 43.000 ton dan ayam 10 ton.

“Dibandingkan kebutuhan per hari, itu masih sangat mencukupi. Untuk penduduk kota Ambon dalam mencukupi kebutuhan 3 bulan kedepan masih sangat aman. Masyarakat tidak usah khawatir. Semuanya terkendali. Harapannya tidak ada permainan harga saja,” demikian Slarmanat. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed