by

Pemkot Pasang CCTV di Jalan Utama, TPS & Lima Sungai Besar

AMBON,MRNews.com,- Guna memantau langsung situasi kota Ambon terutama pada jalan-jalan utama, tempat pembuangan sampah (TPS) dan lima (5) sungai besar, pemerintah kota (Pemkot) Ambon telah memang CCTV.

“Pemkot lebih fokus memasang CCTV pada jalan-jalan utama, TPS, serta beberapa sungai besar di Kota Ambon. Jumlahnya 32 unit. Ada juga dikawasan fasilitas umum, dan area perkantoran kota Ambon,” ungkap Kepala Diskominfo-Sandi Kota Ambon Joy Adriaansz.

Akan tetapi Joy enggan menyebutkan nama lima sungai yang disekitarnya telah dipasang CCTV. Karena bisa saja ketika diketahui, orang tidak bertanggungjawab akan merusaknya.

“Tidak bisa kita sebut, masih bersifat rahasia. Kalau kita sebut tempatnya, nanti bisa diketahui dan akan dirusak oknum tidak bertanggungjawab,” jelas Joy kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (2/2).

Pemasangan CCTV disekitar lima sungai besar diakui Joy, agar bisa pantau seluruh perkembangan jika suatu saat terjadi bencana banjir dan longsor dikawasan sekitar sungai.

Sementara pemasangan CCTV sengaja dilakukan di TPS dengan tujuan agar pemerintah bisa mengetahui persoalan mengenai waktu pembuangan sampah.

“Dengan begitu, kita bisa memantau mana saja lokasi tempat pembuangan sampah, yang dilakukan masyarakat tidak pada tempatnya dan tidak pada waktunya,” urainya.

Sedangkan pemasangan dikawasan jalan utama menurut Joy, untuk memantau titik-titik yang menjadi wilayah sering terjadi kepadatan lalulintas sehingga menyebabkan kemacetan panjang.

Ini juga guna mendukung Polda Maluku dan Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease memantau arus lalulintas.

“Pemasangan puluhan CCTV itu merupakan program Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfo-Sandi) Kota Ambon tahun 2020 lalu dan itu sudah terealisasikan pada 2021 ini. Diharapkan dengan adanya CCTV, semua bisa terpantau dan dapat dikendalikan,” demikian Joy. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed