by

Pemkot Ambon Belum Terima Formasi CPNS 2021

AMBON,MRNews.com,- Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun anggaran 2021 rencananya akan dimulai pemerintah pusat (Pempus) April mendatang.

Namun hingga saat ini pemerintah kota (Pemkot) Ambon belum menerima jumlah formasi CPNS dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)

“Memang infonya April. Tapi kita belum dapat formasi dari KemenPAN RB. Sampai saat ini belum ada,” ungkap Kepala BKPSDM Kota Ambon Benny Selanno kepada awak media di Balaikota Ambon, Rabu (10/3).

Menurut Selanno, pihaknya sudah usulkan kuota ke pemerintah pusat hampir 400. Namun belum diketahui pasti apakah semua diterima. Sebab itu, Pemkot masih menunggu penetapan kuota CPNS dan formasi dari KemenPAN RB.

“Kita sudah usulkan hampir 400 untuk kota Ambon. Itu biasa tahun berjalan dan tahun sebelumnya kita usul. Malah sekarang sudah kita siapkan untuk usul 2022. 2021 belum tahu berapa, kita menunggu penetapan,” jelasnya.

Dari usulan 400 kuota formasi CPNS diakui Selanno, tersebar diseluruh OPD dan jadi perhatian. Tapi lebih banyak diprioritaskan pada tenaga guru dan kesehatan, dengan persentase 60: 40, sisanya untuk tenaga administrasi dan tenaga teknis lainnya.

Disinggung soal proses seleksi CPNS apakah masih sama dengan tahun lalu yang
dalam suasana Covid-19, Selanno mengaku menyangkut mekanisme tetap sama, tidak beda.

“Menyangkut mekanisme tetap. Jadi kita usul formasi, MenPAN-RB menetapkan, diserahkan ke daerah untuk lakukan seleksi. Setelah itu kita usul lagi ketika memang yang bersangkutan telah lolos dan dinyatakan lulus dalam beberapa tahapan
seleksi,” urai Selanno.

Seleksi CPNS 2021 belum dimulai. Namun Selanno menambahkan, pihaknya telah siapkan usulan formasi CPNS Kota Ambon tahun 2022 ke KemenPAN RB.

“Dalam persiapan usul. Mungkin sekitar 600 kuota yang kita minta. Karena pensiunan dari tahun ke tahun bertambah sementara tingkat kelulusan CPNS tidak sesuai formasi. Akibatnya makin bertambah kekurangan kita,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed