by

Operasi Trisakti-20 ALKI III, Tiga Pesawat Tempur Siap Mengudara

AMBON,MRNews.com,- Guna meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan kedaulatan bangsa Indonesia, TNI-AU pada bulan ini khususnya diwilayah ALKI III, lewat komando tugas gabungan pengamanan ALKI III melaksanakan operasional pengamanan laut dan pengamanan udara disepanjang ALKI III untuk mendukung tugas pokok Kogabwilhan III.

Dengan menghadirkan unsur KRI dan pesawat udara TNI AU, operasi yang dilaksanakan dengan sandi operasi Trisakti-20 ini khusus untuk pesawat udara dipilih pangkalan TNI AU Pattimura (Lanud Pattimura Ambon) sebagai home base pesawat udara yang akan menjalankan operasi ini.

“Untuk misi operasi udara PAM ALKI III ini, TNI AU menyiapkan tiga buah pesawat tempur F-16, 1 pesawat angkut C-130 Hercules, 1 pesawat Heli Bell yang diperuntukkan sebagai Heli SAR. Keseluruhan pesawat ini selama operasi udara PAM ALKI III berlangsung akan bermarkas di Lanud Pattimura,” ungkap Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Sapuan kepada awak media di markas Lanud Pattimura, Senin (9/3).

Kedatangan F-16 dipimpin langsung Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Agus “Wolverine” Dwi Ariyanto dan disambut Danlanud Pattimura. Letkol Pnb Agus “Wolverine” Dwi Ariyanto menerbangkan F-16 Fighting Falcon dengan tail number TS-1637.

Sementara pesawat dengan tail number TS-1638 diterbangkan Lettu Pnb Aditya Wahyu dan pesawat dengan tail number TS-1640 diterbangkan Lettu Pnb Fulgentius Dio “Lizard” Prakoso.

Selama operasi PAM ALKI III, lanjut Sapuan, pesawat udara tersebut akan melaksanakan patroli secara periodik diwilayah perairan ALKI III untuk memantau dan mengambil tindakan yang diperlukan terhadap pelanggar yang memasuki wilayah kedaulatan NKRI khususnya wilayah ALKI III.

“Operasi ini adalah operasi pengamanan gabungan melibatkan unsur TNI AU dan AL dengan sasaran terciptanya stabilitas keamanan terhadap kedaulatan NKRI khususnya diwilayah Timur Indonesia,” jelas Sapuan.

“Kami harapkan masyarakat tidak perlu khawatir atau was-was bila mendengar atau melihat pesawat-pesawat tempur kebanggaan TNI AU ini melintas diarea wilayah Maluku khususnya Ambon. Semoga operasi ini lancar, kami minta doanya,” pintanya.

Diketahui, dalam operasi udara dalam 10 hari mulai 11 hingga 20 Maret 2020, dikatakan, Pangkoarmada III akan bertindak sebagai panglima komando operasi atau lebih tepatnya sebagai Pangkoopsgabla. Kemudian Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan bertindak selaku Komandan Satgas Udara (Dansatgasud) operasi trisakti-20 ini. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed