by

Nakes di Ambon Akan Terima Suntikan Vaksin Ketiga

AMBON,MRNews.com,- Kepala dinas kesehatan (Kadinkes) Ambon Wendy Pelupessy katakan, nantinya tenaga kesehatan (Nakes) di Ambon akan menerima suntikan vaksin ketiga kalinya.

Yang kemungkinkan nantinya menggunakan vaksin jenis Moderna, setelah sebelumnya vaksin yang digunakan ialah Sinovac dan AstraZaneca.

“Vaksin Moderna mungkin dalam beberapa waktu kedepan akan diberikan kepada Nakes untuk suntikan ketiga kali. Dimana sebelumnya hanya dua kali,” tandas Wendy kepada media ini di Ambon, Jumat (30/7).

Alasan Nakes akan disuntik ketiga menurutnya karena ada saja Nakes yang terpapar Covid-19 meski telah divaksin dua kali. Hal ini untuk memperkuat imun tubuh Nakes yang saban hari juga berjibaku di lapangan untuk vaksinasi maupun tracing, tracking dan treatment.

“Beberapa waktu lalu Nakes ada 150 orang yang terpapar, sekarang sudah tanpa gejala dan tersisa 60-an Nakes saja yang masih dirawat. Itulah salah satu alasan mesti ada suntikan ketiga,” jelasnya.

Selama ini vaksin yang digunakan di kota Ambon akui Wendy, hanya memakai dua jenis yaitu vaksin Sinovac dan AstraZaneca. Meski memang berbagai jenis ada selain kedua vaksin itu.

Saat ini warga kota yang sudah tervaksinasi sebanyak 116.341 orang atau 42,4 persen. Pihaknya pun jelas Wendy, tidak henti lakukan vaksinasi, baik secara mandiri oleh dinas dan Puskesmas maupun melibatkan stakeholder lain, bahkan terus mengedukasi masyarakat agar mau divaksin.

“Dengan begitu, Insya Allah target Desember semua warga kota sudah tervaksin minimal 70 persen. Sehingga hert immunity di kota Ambon bisa kita dapatkan,” terang Wendy.

Wendy pun meminta dukungan OKP, BEM dan elemen mahasiswa agar menggerakkan keluarga, tetangga, lingkungan agar bisa vaksinasi. Sebab untuk mencegah penularan Covid-19 hanya dengan dua hal yaitu disiplin protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi.

“Vaksinasi ini sama saja dengan imunisasi sewaktu kecil, disuntik guna terhindar dari sakit/virus. Jangan percaya hoax soal vaksin yang dipakai karena vaksinasi itu aman dan halal,” pintanya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed