by

Stop Gunakan Dukun Saat Melahirkan

AMBON, MR.- masyarakat kota Ambon diminta untuk Stop menggunakan jasa para dukun untuk proses persalinan ibu melahirkan.dengan maksud agar dapat menekan tingkat kematian ibu dan anak, maupun hal lainnya yang berkaitan langsung dengan kesehatan. Demikian diungkapkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy kepada wartawan di Ambon (01/02)

Pelupessy menjelaskan, peringatan yang disampaikan kepada masyarakat ini, dengan maksud memberikan pemahaman kepada masyarakat di kota Ambon mengingat dukun tidak memiliki ilmu kesehatan yang cukup. sehingga jika terjadi persoalan medis saat proses persalinan, tentu dukun tidak akan mengerti cara penanganannya.

Pelupessy menegaskan, dukun hanya akan terlibat untuk mendampingi tenaga kesehatan atau bidan, tetapi tidak boleh secara langsung menangani proses persalinan.

“Dukun hanya bisa mendampingi bidan, tetapi tidak secara langsung menangani proses persalinan,” singkat Pelupessy.

arahan ini juga telah tersampaikan dalam Standar Pelayanan Minimum Kesehatan. Dengan demikian masyarakat diminta agar dapat memahami dan mengerti cara terbaik yang harus dilakukan.

Proses persalinan yang dilakukan oleh tenaga medis akan lebih baik, agar tahapan dalam berbagai layanan kesehatan yang mesti diterima oleh bayi yang baru lahir seperti imunisasi lengkapĀ  dapat diterima langsung. sehingga jika terjadi ancaman penyakit yang berbahaya sudah dapat dicegah sejak dini. (MR-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed