by

Jadi Inspirasi, Walikota Bogor : Tiga Keunggulan Dimiliki Kota Ambon

AMBON,MRNews.com,- Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang juga Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan, di HUT ke 446, Kota Ambon dibawah kepemimpinan Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler menjadi inspirasi bagi Indonesia.

“Menjadi kehormatan bagi saya bisa hadir di momen istimewa ini. Pa Richard pada APEKSI sangat berkontribusi selama beliau menjabat Walikota. Ini kali kedua saya ke Ambon dan setiap datang, Ambon terlihat lebih maju,” kata Bima saat hadiri upacara HUT ke-446 Kota Ambon di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (7/9).

Kota Ambon menjadi inspirasi Indonesia karena sebut Bima, memiliki keberhasilan. Baik dalam aspek pembangunan yang semakin maju maupun adanya kerjasama, kolaborasi dan sinergitas oleh pemerintah kota (Pemkot) dan provinsi dalam mengendalikan Covid-19, yang hari ini makin melandai.

“Bersyukur atas keberhasilan, bahwa Ambon hari ini relatif bisa mengendalikan Covid-19. Ini karena ada kerjasama dan kolaborasi serta sinergitas dari provinsi maupun Kota Ambon. Semoga kondisi ini semakin membaik,” harapnya.

Selain itu kata politisi PAN, Ambon memiliki tiga hal yang tidak banyak dimiliki Kota/Kabupaten lainnya di Indonesia. Yakni pertama; kebersamaan dan persaudaraan yang luar biasa, kedua; keindahan alam yang mempesona; ketiga; kekayaan alam yang terus dijaga bersama.

“Ambon punya ketiganya. Di kota lain barangkali hanya satu, lainnya mungkin ada dua tetapi kota yang dipimpin pa Richard dan pa Syarif ini ada ketiganya,” urainya.

Ambon kata dia, pernah mengalami masa kelam saat dihadapkan pada konflik sosial tahun 1999. Tapi hari ini kota maju, sejuk dan banyak prestasi, semata-mata hanya karena kebersamaan dan persaudaraan yang terus dijaga, dengan keberagaman namun untuk memajukan kota.

“Kota lain di Indonesia harus belajar dari Kota Ambon. Ambon tempat bersama semua, Ambon adalah inspirasi bagi Indonesia. Kekayaan alam sumber dari pendapatan kota yang luar biasa dan mampu dikelola. Kebudayaan dan alam yang harmoni dan bersinergi, layak jadi inspirasi,” kuncinya.

Upacara HUT ke-446 dilakukan sederhana dan dengan protokol kesehatan. Meski curah hujan dengan intensitas sedang membasahi sejumlah peserta yang tegap hingga akhir didalam lapangan, namun upacara tetap berjalan khidmat.

Pada kesempatan itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengaku, perayaan HUT kali ini yang kedua ditengah Covid-19, maka diusung tema “Ambon Tangguh”. Namun ini bukan sekedar tema, tapi bentuk dari semangat dan komitmen untuk memajukan Kota Ambon.

“Tangguh itu juga punya arti susah dikalahkan dan sangat kuat sekali. Ingat jangan kalah dengan keadaan sekarang. Mari selalu maju,” sebutnya.

Selain itu, Walikota dua periode ini berharap masyarakat bisa mengambil peran penting dalam memutus mata rantai Covid-19, sehingga Ambon bebas Covid-19.

“Ini HUT Kota terakhir kali bagi saya, pa Wakil Walikota dan pa Sekkot. Yang membuat kita berdiri sampai disini, itu karena rakyat Kota yang hebat. Terima kasih banyak atas dukungan dan doa selama ini. Semua cacian, fitnah, hoax, cibiran kami lalui karena Tuhan dan masyarakat bersama kami,” pungkasnya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed