by

Kota Ambon Terima Penghargaan Terbaik Kedua Nasional Realisasi “Kejar”

AMBON,MRNews.com,- Hasil tidak pernah akan khianati setiap usaha dan proses yang telah dijalani. Pepatah usang itu tampak berlaku juga bagi pemerintah dan masyarakat Kota Ambon.

Yah, bagaimana tidak, kerja keras sekolah bersama pemerintah untuk mendorong para siswa mandiri sejak dini dengan setiap orang miliki rekening tabungan berbuah hasil dengan penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI.

Dimana Kota Ambon berhasil menduduki posisi kedua kota terbaik se-Indonesia dalam merealisasikan salah satu program nasional yaitu satu rekening satu pelajar, yang dikenal dengan sebutan “Kejar”.

Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena katakan, apa yang dilakukan ini tentu mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) dalam upaya mengembangkan inovasi yang berkaitan percepatan membangun akses terhadap berbagai layanan keuangan, serta membantu masyarakat dalam menerapkan skala prioritas dalam mengelola keuangan.

“Ini sejalan dengan usaha kita untuk lakukan inovasi lebih cepat dalam membangun inklusi keuangan dan literasi keuangan,” kata Wattimena saat menerima penghargaan di halaman parkiran Balikota Ambon, Selasa (6/11/22).

Wattimena berharap, penghargaan yang diraih ini dapat menjadi motivasi dan spirit bagi jajaran Pemkot khususnya pihak sekolah dan para siswa untuk tidak saja miliki rekening tapi harus intens menabung demi masa depan lebih baik dengan kemampuan keuangan sangat siap.

Di waktu yang sama, dilakukan launching “Gerakan Satu Minggu Satu Hari Menabung”. Terdapat enam sekolah menengah pertama (SMP) menjadi pilot project program nasional ini yaitu SMP Negeri 5, 6, 9, 10, 11 dan SMP Negeri 19.

Walikota pun meminta anak-anak generasi Z di keenam sekolah piloting dapat memanfaatkan jasa keuangan dengan baik, sehingga bermanfaat bagi masa depan dan jadi contoh bagi siswa sekolah lain untuk dapat mengikuti.

“Sebenarnya ini sebuah gerakan yang ajarkan mereka untuk hidup hemat, gemar menabung untuk memenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan tertentu mereka,” pungkasnya.

Kepala OJK Maluku, Rony Nazar memberi apresiasi terhadap kota ini yang telah meraih posisi kedua untuk tingkat nasional implementasi program “Kejar”.

“Sangat membanggakan kita semua bahwa kita bisa sampaikan ke seluruh Indonesia meski kita jauh di Timur, namun kita juga bisa berprestasi bahkan lebih baik dari kota-kota lainnya,” terang Rony.

Pencapaian ini sebutnya, atas kerja keras tim percepatan akses keuangan daerah
(TPAKD) yang terdiri dari Pemerintah Daerah (Pemda), Regulator, Stakeholder,
Lembaga Jasa Keuangan (LJK) perbankan maupun non perbankan, Asosiasi LJK, dan
Akademisi.

“Marilah kita bersama-sama berkolaborasi bersinergi seluruh emen di Kota Ambon
termasuk juga OJK, guna berkarya bagi kesejahteraan masyrakat,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed