by

IAKN Ambon Siap Transformasi ke UKN

AMBON,MRNews.com,- Setelah tiga tahun lamanya meningkat status dari Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKPN) ke Institut Agama Kristen Negeri (IAKN), kini IAKN Ambon siap bertransformasi lagi menjadi Universitas Kristen Negeri (UKN) Ambon.

Berbagai upaya telah dilakukan, apakah pengajuan proposal peningkatan status maupun lainnya. Terkini, tim khusus kelayakan telah jalani studi kelayakan UKN kurang lebih tiga minggu dan masuki tahap uji publik transformasi UKN, Sabtu (5/6).

Rektor IAKN Ambon Dr A.Ch Kakiay, MSi katakan, pihaknya memang awali proses penyusunan proposal transformasi IAKN menuju UKN dengan melakukan studi kelayakan untuk mendapat masukan baik dari siswa/i SMA/SMK se-derajat, masyarakat pengguna maupun alumni dan komponen lain terkait apa yang sebenarnya dibutuhkan para stakeholder terkait peningkatan status IAKN.

“Yang pertama apakah ada dukungan terkait transformasi ke UKN, kebutuhan masyarakat seperti apa dan program-program studi yang hendak dibangun direspon masyarakat pengguna bagaimana,” sebutnya saat membuka uji publik di auditorium IAKN Ambon, Halong Atas.

Proposal peningkatan status diakui, memang sudah dalam proses juga, dimana pihaknya menyesuaikan dengan hasil studi kelayakan. Sebabnya, masukan lewat uji publik dari berbagai pihak, akan melengkapi hasil studi kelayakan untuk melengkapi proposal itu.

“Karena dalam rencana kita, dalam Minggu ketiga atau terakhir Juni ini sudah bisa rampung dan kita bisa lanjut ke dokumen lainnya,” terang Kakiay.

Pasca mematangkan dan putuskan program-program studi (Prodi) yang akan dipakai kata dia, pekerjaan berat menanti. Karena selanjutnya akan masuk dalam penyusunan kurikulum.

“Itu pekerjaan berat. Maka hasil studi kelayakan oleh tim studi kelayakan yang akan diuji publik, sangat strategis bagi kami semua. Kita akan buka Prodi yang paling siap dan matang dulu untuk pemenuhan standar, tidak bisa seluruhnya dibuka,” bebernya.

Diketahui, pada kesempatan itu, ketua tim studi kelayakan transformasi IAKN Ambon ke UKN Dr Johana Talupun, MTh memaparkan hasil studi yang dilakukan tim selama kurun waktu efektif tiga pekan.

Hasil paparan itu kemudian ditanggapi, diperdalam dan diberikan catatan penting serta strategis oleh pembahas yakni Dirjen Bimas Kristen Prof Thomas Pentury, MSi, Prof Fredy Leiwakabessy, MPd, Wakil Rektor Universitas Pattimura, Prof Mus Huliselan, Ketua Umum MPH Sinode GPM Pendeta Elifas Maspaitella, MSi dan Rektor IAKN Ambon.

Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) se-Indonesia, perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Maluku, pihak Ketua Klasis GPM, kepala sekolah mitra IAKN Ambon ikut memberi bobotan hasil studi kelayakan transformasi IAKN ke UKN. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed