by

Rencana Belajar Tatap Muka Bakal Dikaji Ulang

AMBON,MRNews.com,- Posisi Kota Ambon yang saat ini ada dizona orange penyebaran Covid-19 berdampak pada semua aspek termasuk rencana belajar tatap muka yang sepertinya bakal dikaji ulang pemerintah kota (Pemkot) Ambon.

Sebagaimana diketahui, sesuai petunjuk dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek), belajar tatap muka bakal berjalan pada awal tahun ajaran 2021 tepatnya bulan Juli disesuaikan zonasi.

“Nanti kita akan evaluasi, kaji ulang semua itu. Kita belum bisa mengandai-andai karena itu berbicara soal data,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Minggu (30/5).

Dikatakan Louhenapessy, pelaksanaan suatu kebijakan tentunya harus disesuaikan dengan keadaan wilayah, apakah dapat diterapkan atau justru masih harus ditangguhkan terlebih dahulu. Termasuk rencana belajar tatap muka.

Karena itu kata dia, Pemkot akan secepatnya melaksanakan evaluasi, tak saja terkait rencana belajar tatap muka tetapi sejumlah kebijakan lain yang diambil lantaran Kota Ambon, yang telah menduduki zona orange kembali.

“Nanti minggu depan (minggu ini-red) sudah ada langkah untuk itu,” beber politisi kawakan partai Golkar itu.

Lanjutnya, termasuk dengan kebijakan Pemerintah Pusat (Pempus) yang mengharuskan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala Mikro.

“Kita baru rapat evaluasi soal itu PPKM skala Mikro sehingga mungkin minggu depan baru kita mengambil langkah-langkah untuk itu,” tegasnya.

Pihaknya tambah Louhenapessy, perlu melaksanakan evaluasi lantaran kesiapan penerapan kebijakan itu harusnya matang. Sebab PPKM skala mikro ini sudah menembus ke akar rumput.

“Tidak mudah memang untuk jalan, harus disiapkan skenario secara matang. Sebab pendekatan PPKM Mikro ini kan per wilayah, per kelurahan, atau lebih kecil lagi per RT/RW, begitu. Itu yang kita akan evaluasi dia,” kuncinya. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed