Hanya Tiga Orang, Pendaftaran Seleksi JPTP Diperpanjang

AMBON,MRNews.com,- Hingga penutupan pendaftaran Selasa (28/5/19), tercatat pada panitia seleksi (Pansel) baru tiga orang mendaftar untuk mengikuti seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon yang sementara dilelang.

Ketiga orang yang belum diketahui identitas itu melamar pada posisi kepala bagian pengelola keuangan dan aset daerah (BPKAD) serta kepala badan perencanaan pembangunan daerah dan penelitian pengembangan (Bappeda-Litbang). Sementara satu posisi yaitu kepala dinas pemuda dan olaharaga (Kadispora) belum terisi.

Terhadap kondisi itu, Anggota Pansel JPTP Pemkot Ambon, Benny Selanno mengaku, Pansel akan buka atau perpanjang lagi pendaftaran sesuai ketentuan Undang-undang untuk kemudian bisa mendapatkan aparatur sipil negara (ASN) yang berkompeten guna mengelola bidang keuangan dan perencanaan pembangunan pada pemerintah daerah, serta pemuda dan olahraga. Sebab baru tiga orang yang melamar untuk mengikuti seleksi.

“Tiga pendaftar itu adalah pejabat/ASN di internal Pemkot Ambon. Baru terisi pada bidang keuangan dan Bappeda-Litbang, Kadispora masih kosong atau belum ada peminat. Maka Undang-undang mengamanatkan saat lelang jabatan itu setiap jabatan harus ada empat (4) pendaftar atau peminat. Oleh karena itu kita akan mengikuti Undang-undang supaya tidak salah dan perpanjang,” tukas Selanno kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (28/5/19).

Sesuai dengan ketentuan Undang-undang, maka pihaknya akan perpanjang lagi pendaftaran sampai dengan 10 hari. Dengan waktu tersebut diharapkan ada peminat tambahan sehingga pada waktunya semua bisa terisi dan seleksi bisa dilakukan pada tahap selanjutnya. Kondisi ini pun, jadwal dan tahapan tentu akan mengalami sedikit pergeseran tetapi tidak menghambat proses karena terus berjalan.

Selanno yang juga kepala BKPSDM kota Ambon pun yakin dalam waktu 10 hari kedepan ada ASN Pemkot maupun luar akan mendaftar. Bahkan pihaknya tak tinggal diam tapi akan mendorong lagi sehingga lebih banyak yang mendaftar untuk ikut seleksi. Kalau pun ada pelamar dari luar tetap diterima, karena tidak mungkin membiarkan tiga jabatan itu apalagi keuangan dan Bappeda-Litbang kosong.

“Tentu kita akan dorong supaya 10 hari waktu perpanjang, banyak yang mendaftar. Ini berkaitan dengan apa yang kita terima kemarin, predikat opini WTP dari BPK. Saya yakin tidak ada kosong, pasti itu terpenuhi sesuai ketentuan. Karena banyak sudah ambil formulir dan banyak pula sudah mempersiapkan diri. Bahkan barang kali saya bisa pastikan hari ini mungkin, paling tidak kita bisa memenuhi target sebelum libur lebaran,” tutup Selanno. (MR-02)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *