by

Dua Kali Gempa Guncang Masohi & Ambon, Dirasakan Warga

-Maluku-553 views

AMBON,MRNews.com,- Wilayah Masohi dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik, Jumat (17/1/2020) pukul 18:40:13 WIT. Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan magnitudo 3.4 SR.

Dimana Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.34 LS dan 128.93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 1 km Tenggara Masohi-Maluku Tengah pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal,” ungkap Sunardi, Kepala Stasiun Geofisika Ambon dalam rilisnya yang didapat media ini, Jumat (17/1) malam.

Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat lanjut Sunardi, dirasakan di Masohi III-IV MMI, atau dengan kata lain dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang. Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh banyak orang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. Sampai pukul 18:50 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” bebernya.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” himbau Sunardi,

Namun, sesuai update terkini oleh BMKG, gempa susulan terjadi bermagnitudo 2.7 SR 17 menit setelah gempa 3,4 SR tersebut atau tepat pukul 18:57:00 WIT. Episentrum gempa berada pada 3.59 LS-128.27 BT (15 km Timurlaut Ambon, 29 km Selatan Kairatu-SBB), dengan kedalman 10 km. Gempa itu dirasakan di Ambon II MMI. (MR-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed